in

Beri Pengobatan Gratis, Dokter Ini Rela Dibayar Dengan Sampah

Gamal Albinsaid (foto: YouTube/via KapanLagi.com)

Gamal Albinsaid adalah seorang dokter berhati malaikat yang rela memberikan pengobatan gratis kepada pasiennya meski hanya dibayar dengan setumpukan sampah.

Melalui sebuah program yang dijalankannya, Garbage Clinical Insurance (GCI) di Kota Malang, Gamal berniat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Loading...

Dari masyarakat golongan menengah ke bawah dapat menikati layanan kesehatan gratis dengan hanya membayar 2 kilogram sampah seharga Rp 10.000.

Seperti dilansir KapanLagi.com, sampah yang sudah dikumpulkan nantinya akan didaur ulang untuk meningkatkan kualitas ekonomi. Bukan hanya sampah plastik saja, GCI juga menerima sampah organik yang nantinya akan diproses untuk dijadikan pupuk dan kompos.

Kemudian hasil dari daur ulang sampah tersebut akan digunakan untuk dana kesehatan. Dana itulah yang nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pengobatan gratis.

Selain peduli terhadap kesehatan masyarakat, Gamal juga sangat prihatin dengan kondisi sampah di Kota Malang yang kian menumpuk. Lebih dari 55 ton sampah diproduksi dan hanya 60 persen yang dapat dikumpulkan.

Loading...