in

6 Jenis Fobia Paling Aneh Yang Mungkin Anda Miliki

Takut jatuh cinta adalah salah satu fobia aneh (foto: deviantart.com)

Setiap orang mungkin memiliki rasa ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap sesuatu hal. Itu hal yang wajar dimilik manusia. Tetapi di antara banyak jenis fobia yang umum dimiliki orang, ada beberapa jenis fobia yang terbilang aneh dan tak biasa, tetapi sangat umum dimiliki banyak orang.

Penasaran apa saja fobia aneh itu? Simak ulasannya berikut ini tentang tujuh fobia paling aneh yang mungkin Anda miliki, seperti dilansir DW.DE.

6. Nomofobia

Nomofobia merupakan rasa takut berlebihan jika tidak memliki akses terhadap telepon genggam, kehilangan sinyal atau kehabisan baterai. Meskipun belum diakui secara medis, menurut studi yang digelar Pos Inggris mengungkapkan lebih dari 50% orang mengalami rasa takut jika ponselnya dicuri atau tertinggal di rumah.

Apakah Anda termasuk orang yang menderita Nomofobia?

5. Gephyrofobia

Penderita fobia ini akan mengalami rasa takut yang berlebihan terhadap jembatan. Jika pengidap fobia ini melihat jembatan atau berjalan di atas jembatan, maka ia terasa sangat pusing, kehilangan keseimbangan, dan detak jantung berdebar-debar.

4. Filofobia

Dari semua rasa ketakutan yang berlebihan, fobia yang satu ini sangat menyedihkan. Pasalnya, pengidap Filofobia menurut medis, bisa mengembangkan rasa takut berlebihan terhadap komitmen dan hubungan mesra, yang pada akhirnya mereka takut ketika jatuh cinta. Biasanya Filofobia disebabkan oleh trauma di masa lalu yang membuatnya kapok untuk jatuh cinta.

3. Decidofobia

Menurut filsufut Jerman, Walter Kauffmann, Decidofobia adalah rasa takut berlebihan ketika mengambil keputusan. Fobia ini muncul akibat seseorang takut mencari kebenaran. Penderitaannya itu kemudian akan diserahkan terhadap otoritas tertentu seperti orang tua, pemerintah atau pemuka agama untuk menentukan kebenaran yang bisa diyakini.

2. Ergofobia

Ergofobia merupakan rasa takut irasional akan pekerjaan atau lingungan kerja. Fobia ini menggabungkan rasa takut sekaligus, yakni takut gagal menjalankan tugas, takut berbicara di depan umum, takut bersosialisasi dan takut mengalami tekanan mental.

1. Haphefobia

Pengidap fobia ini akan merasa takut ketika disentuh oleh orang lain. Seseorang bisa mengidap Haphefobia sejak dilahirkan, sementara sebagian lagi dikarenakan rasa takut akibat trauma, seperti pemerkosaan atau pelecehan seksual. Penderita Haphefobia akan merasa panik jika disentuh, bahkan dalam beberapa kasus pasien dilaporkan tidak bisa bernafas dan mual.

Loading...