in

5 Peristiwa Alam Yang Tidak Bisa Dijelaskan Dengan Ilmu Pengetahuan

Alam Semesta

Masih banyak misteri di dunia ini yang bahkan ilmu pengetahuan pun tidak bisa menjelaskannya. Misalnya saja Segitiga Bermuda, supernova, atau lubang hitam. Semua itu sangat sulit dijelaskan secara ilmiah, meskipun berbagai macam upaya telah dilakukan, namun hasilnya tetap nihil.

Karena tidak ada bukti ilmiah untuk menjelaskan suatu misteri, hasilnya akan bermunculan mitos dan teori konspirasi. Hal itu menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan tak selamanya bisa menjawab setiap misteri di alam semesta ini.

Dilansir Mother Nature Network (MNN), berikut beberapa peristiwa alam yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan.

5. Migrasi Hewan

(foto: Domingez/Stockphoto)

Banyak hewan bermigrasi sejauh ribuan mil, baik itu dari jalur darat, laut, atau udara. Yang jadi pertanyaan, bagaimana mereka bisa tidak tersesat dan sampai di lokasi tujuan meski tidak menggunakan perangkat GPS?

Menurut sebuah artikel di The Independent yang berfokus pada migrasi burung merpati, menyebut bahwa burung memiliki navigasi Bumi dengan menggunakan indra penglihatan atau penciuman untuk menemukan suatu lokasi.

Selain itu ada sebuah teori yang menyebut konsep merpati menggunakan magnet untuk menentukan arah utara atau selatan dari tempat asalnya. Sementara itu, teori lain yang dikemukakan oleh Rupert Sheldrake menyebut merpati menggunakan resonasi morfik, atau semacam telepati.

4. Bola Api Naga

(foto: pedcat/iStockphoto)

Setiap tahun, ratusan bola api keluar dari Sungai Mekong, di Thailand. Menurut majalah Time tahun 2002, fenomena ini dikenal dengan sebutan “bung fai paya nak” atau “Bola Api Naga”, yang biasanya muncul di akhir musim gugur saat malam bulan purnama di akhir Buddha Prapaskah.

Beberapa orang percaya bahwa bola api itu berasal dari nafas Naga, ular mitos yang menghantui sungai. Sementara yang lain percaya bahwa bola api itu sebenarnya kantong metana yang menggelegak dari sungai. Meskipun demikian, warga setempat lebih percaya bahwa fenomena ini erat kaitannya dengan kejadian supranatural.

3. Peristiwa Tunguska

(foto: Wikimedia Commons)

Pada bulan Juni 1908, sebuah bola api meledak di daerah terpecil di Rusia. Ledakan itu membuat tanah bergetar hebat dan meratakan hutan seluas 770 mil persegi. Tragedi itu dikenal dengan peristiwa Tunguska karena dekat dengan sungai dengan nama yang sama.

Ledakan tersebut benar-benar sangat dahsyat dengan kekuatan yang mencapai 15 megaton energi, atau sekitar seribu kali lebih kuat dari bom atom di Hiroshima. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa meteor yang harus disalahkan, sebagaimana dibuktikan oleh sebuah danau di dekat lokasi kejadian. Para ilmuwan percaya bahwa danau tersebut terbentuk karena hantaman meteor.

Namun, para ilmuwan lain percaya bahwa danau itu sudah ada sebelum peristiwa itu terjadi. Tetapi yang jelas bahwa peristiwa ini merupakan ledakan alam yang paling kuat dalam sejarah dan tidak diketahui penyebabnya.

2. Gempa Cahaya

(foto: YouTube)

Cahaya keputihan atau kebiruan ini dipercaya selalu muncul sebelum gempa terjadi dan berlangsung selama beberapa detik. Fenomena ini jarang ditemukan selama ratusan tahun, menurut U.S. Geological Survey. Sampai, pada tahun 1960-an, ketika seseorang mengambil gambar dari fenomena ini selama gempa bumi Matsushiro.

Sejak saat itu, para ilmuwan telah banyak menghasilkan teori asal-usul cahaya tersebut, yang melibatkan segala sesuatu dari piezoelectricity dan pemanasan akibat gesekan terhadap emisi gas fosfin dan elektrokinetik.

Tapi baru-baru ini para ilmuwan menduga bahwa cahaya itu disebabkan oleh unsur-unsur pra-gempa yang membangkitkan muatan listrik alami dari batu, dan menyebabkan mereka bersinar terang di langit.

1. Awal Mula Alam Semesta

(foto: BeholdingEye/iStockphoto)

Bukti ilmiah yang paling mendukung tentang awal mula terbentuknya alam semesta adalah Teori Big Bang atau ledakan besar, yang menyebut bahwa alam semesta diciptakan dari sebuah partikel yang sangat padat dan panas yang kemudian meledak, menciptakan alam semesta dan terus berkembang.

Para ilmuwan sepakat bahwa Big Bang terjadi sekitar 13 miliar tahun yang lalu. Namun, teori itu tidak sepenuhnya terbukti benar dan banyak orang lebih percaya tentang penjelasan menurut agama. Sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah untuk apa yang terjadi sebelum Big Bang, dan ilmuwan masih kesulitan untuk menjelaskan bagaimana hal itu terjadi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%