in

Ikan Pari Raksasa Sepanjang 4 Meter Pecahkan Rekor Dunia

Ikan pari sepanjang empat meter (foto: Mirror)

Seekor ikan pari raksasa berhasil memecahkan rekor dunia sebagai ikan air tawar terbesar yang pernah ditangkap dengan menggunakan alat pancing dan jaring.

Monster pari itu memiliki panjang 14 kaki (4 meter) dan lebar 8 kaki (2,4 meter) dengan berat yang mencapai 800 pound atau sekitar 362 kilogram. Hewan besar itu ditangkap oleh Jeff Corwin, seorang pembawa acara pelestari alam asal Amerika, di Sungai Maeklong, Thailand dengan bantuan pemancing dari Fishsiam Ltd yang berbasis di Inggris.

Butuh waktu dua jam lamanya untuk menangkap ikan pari raksasa itu. Bahkan beberapa orang yang berada di perahu harus silih bergantian memegang pancingan.

Saat makhluk itu mulai naik ke permukaan, butuh tujuh orang untuk mengangkat ikan pari raksasa tersebut dari air dalam upaya mengukur tubuhnya.

“Menurut National Geographic, Fishsiam dan Dr Nantarika Chansue, seorang ahli ikan pari terkemuka, ini mungkin menjadi ikan air tawar terbesar yang pernah ditangkap dengan alat pancing,” ujar Jeff, seperti dilansir Mirror, Jumat (13/3/2015).

Loading...