in

Blogger Arab Saudi Dihukum 1.000 Cambukan Karena Menghina Islam

Raif Badawi (foto: Daily Mail)

Seorang blogger asal Arab Saudi telah berbicara untuk pertama kalinya sejak dipenjara dan dihukum 1.000 cambukan karena melakukan beberapa pelanggaran termasuk menghina Islam.

Melansir Daily Mail, Minggu (29/3), Raif Badawi ditangkap pada tahun 2012 lalu karena menghina Islam, melakukan kejahatan cyber dan tidak mematuhi ayahnya, di mana semua pelanggaran tersebut termasuk tindakan kriminal di Arab Saudi.

Tahun lalu, blogger yang sudah mempunyai tiga anak itu dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan denda 1 juta riyal atau sekitar Rp 3,5 miliar. Hukuman tersebut juga sudah termasuk dengan 50 kali cambukan setiap hari Jumat selama 20 minggu.

Namun, tidak disebutkan secara rinci apa yang dilontarkan Badawi sehingga masuk dalam kategori penghinaan agama Islam.

(foto: Daily Mail)

Hukuman yang dijatuhkan kepadanya itu memicu kecaman dari dunia internasional. Salah satunya majalah mingguan Jerman, Der Spiegel, yang memberikan komentar pertama dari Badawi sejak diberikan hukuman hari ini.

Badawi ingat bagaimana rasanya ketika ia menerima cambukan pertama di Jeddah pada Januari lalu dan dikelilingi oleh kerumunan yang bersorak “Allahu Akbar”, Der Spiegel melaporkan.

“Semua penderitaan yang kejam ini terjadi pada saya hanya karena saya menyatakan pendapat saya,” kata Badawi, dalam sebuah surat yang dimuat majalah tersebut.

Sang istri, Ensaf Haidar mengatakan bahwa suaminya dalam kondisi miskin. Dia juga mengatakan bahwa sang suami juga menderita tekanan darah tinggi dan stres.

Akibat pengalamannya itu, Badawi menerbitkan sebuah buku berjudul “1.000 Cambukan: Mengapa Saya Mengatakan Apa Yang Saya Pikirkan”, yang akan diterbitkan di Jerman pada 1 April nanti.

Loading...