in

Batu Akik Bertuliskan Huruf Arab Ini Berusia 1.000 Tahun

(foto: Daily Mail)

Laman Daily Mail baru-baru ini memuat sebuah cincin berusia 1.000 tahun yang memiliki tulisan huruf Arab kuno. Jika diperhatikan, cincin tersebut memang sangat mirip dengan batu akik yang kini lagi booming di Indonesia. Apakah ini batu akik tertua di dunia?

Dalam postingan yang dimuat pada 16 Maret 2015 waktu setempat itu, menyebutkan bahwa cincin tersebut ditemukan di dalam kuburan seorang wanita selama penggalian dari pusat perdagangan Viking di Birka, Swedia, pada tahun 1800-an, menurut laporan Science News.

Karena cincin tersebut memiliki tulisan Arab, muncul dugaan bahwa para Viking pernah kontak dengan dunia Islam pada saat itu.

Cncin tersebut juga terlihat memiliki warna violet amethyst, tetapi setelah diteleiti para ahli mengungkapkan bahwa warna cincin itu berwarna kaca, yang merupakan bahan eksotis pada masa itu.

Para peneliti di Stockholm University menggunakan mikroskop scan elektron untuk menemukan materi dan mengungkapkan secara jelas huruf Arab kuno yang disebut Kufis, yang berbunyi “untuk Allah” atau “Allah”.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scanning itu mengatakan, “Cincin itu mungkin merupakan bukti material untuk interaksi langsung antara Viking Age Swedia dengan dunia Islam.”

“Menjadikan satu-satunya cincin dengan tulisan Arab yang ditemukan di situs arkeologi Skandinavia.”

Pada bagian dalam cincin terdapat beberapa tanda adanya perak yang diduga dimasukan oleh pengarajin cincin tersebut. Hal itu dapat berarti bahwa cincin tersebut dijual untuk menjadi benda berharga bagi kaum wanita Viking.

sumber: Daily Mail

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%