Baru Berumur 10 Bulan, Bobot Bayi Ini Sama Dengan Gadis 6 Tahun

Aliya Saleem (foto: Daily Mail)

Seorang bayi perempuan berumur 10 bulan memiliki bobot tubuh tak biasa dari anak seumurannya, di mana berat tubuhnya itu hampir sama dengan gadis berusia enam tahunan.

Dengan berat yang mencapai 18 kilogram, bayi bernama Aliya Saleem asal Jharkhand, India itu dinobatkan sebagai anak terberat di dunia.

Loading...

Ibu Aliya, Shabana Parveen (25), merasa khawatir dengan kondisi berat badan anaknya yang terus bertambah dengan cepat. Pasalnya, anak sebelumnya juga meninggal di usia satu setengah tahun dengan kondisi yang sama.

“Beberapa bulan setelah kelahirannya, berat badannya mulai bertambah. Kami harus membelikannya pakaian baru setiap dua minggu karena yang lama sudah tak muat,” kata Parveen, seperti dilansir Daily Mail, Senin (2/3/2015).

Dengan berat tubuh seperti itu, keselamatan Aliya bisa terancam. Namun, pihak keluarga tidak mampu membiayai pengobatan Aliya karena tidak memiliki uang.

“Kami telah mencoba yang terbaik, tapi kami hanya mampu membawanya ke rumah sakit setempat,” ujar ayah Aliya, Mohammad Saleem (28).

Menurut Saleem, dokter rumah sakit setempat tidak mampu mengidentifikasi penyakit apa yang diderita anaknya. Mereka malah menyarakan untuk pergi ke rumah sakit lain.

(foto: Daily Mail)

Namun. orang tua Aliya baru-baru ini mendapatkan rujukan di Rumah Sakit Fortis di pinggiran New Delhi dalam upaya untuk mengobati putrinya itu.

Dr Krishan Chugh, kepala pediatri di Fortis mengatakan, “Ini adalah bayi terberat di usia 10 bulan yang pernah saya lihat. Ini bisa menjadi kasus obesitas morbid atau ketidakseimbangan hormon.

Sementara itu berat rata-rata anak berumur 10 bulan di Inggris hanya mencapai 8 kilogram, kurang dari setengah berat badan Aliya.

Karena kondisinya itu membuat Aliya kesulitan dalam tidur karena ia kerap kesulitan untuk bernafas. Bahkan sepanjang hari Aliya terus menangis dan cukup membuat ibunya kelelahan ketika ia menggendong putrinya.

Loading...