in

10 Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Jantung

Ilustrasi jantung (foto: Daily News Dig)

Jantung adalah organ penting yang berfungsi memompa darah lewat pembuluh darah ke bagian seluruh tubuh. Oleh karena itu beberapa orang yang menderita penyakit jantung suka meninggal secara mendadak. Sebab ketika jantung sudah tidak berfungsi lagi, seluruh aliran darah dalam tubuh akan berhenti seketika.

Itu hanya salah satu fakta tentang jantung yang sudah banyak diketahui orang. Namun, apakah kamu yakin sudah tahu tentang jantung secara keseluruhan? Nah, berikut beberapa hal tentang jantung yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir ABC dan HowStuffWorks.

Loading...

10. Jantung bukan hanya sekedar alat pompa

Jantung itu bukan hanya sekedar alat pompa biasa, melainkan alat pompa yang super canggih. Setiap bagian tubuh manusia membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup, dan jantung akan memompa darah yang kaya akan oksigen setiap detik, menit, dan hari.

Tekanan yang dihasilkannya pun benar-benar sangat kuat untuk menyemprotkan darah hingga seluas tiga puluh kaki. Tergantung dengan apa yang Anda lakukan, jantung Anda akan memompa 1 sampai 7 galon darah per menit atau 2.000 galon darah per hari. Selama hidup Anda, jantung Anda akan memompa sekitar satu juta barel darah, dalam kata lain seluruh darah Anda jika disatukan cukup untuk mengisi dua mobil tanker besar.

9. Jantung pria dan wanita berbeda

Seorang ahli bedah jantung mengungkapkan bahwa permukaan jantung pria dan wanita memang identik sama, tetapi ada sedikit perbedaan.

Jantung seorang pria rata-rata memiliki berat 10 ons dan berat jantung seorang wanita rata-rata hanya mencapai 8 ons. Dari segi ukuran, perempuan memang memilki jantung yang lebih kecil dibandingkan dengan pria tetapi dari denyut jantung, wanita lebih unggul dengan 78 detak jantung per menit, sementara pria hanya 70 detak jantung per menit.

8. Warna jantung tidak merah

Anda pasti tahu bahwa darah itu memiliki warna merah pekat, tetapi bukan berarti jantung yang pekerjaannya memompa darah memiliki warna merah pula. Jantung sendiri terlihat memiliki warna coklat kegelapan atau nyaris sama dengan warna bata rumah. Selain itu, permukaan jantung memiliki simpanan lemak yang berlimpah sehingga permukaan hati tampak kekuningan.

7. Jantung dengan ukuran yang besar bukanlah jantung yang sehat

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa dengan memiliki jantung yang besar berarti memiliki jantung yang sehat. Tetapi memiliki jantung yang lebih besar bisa sangat berbahaya.

Sebuah jantung yang sehat rata-rata memiliki berat kurang dari satu pon dan ukurannya juga seukuran dengan kepalan tangan. Karena jantung bekerja setiap menit selama Anda hidup, jantung diibaratkan seperti pelari marathon. Yang berarti jantung yang sehat itu memiliki ukuran yang ramping dan efesien.

6. Kedinginan bisa merusak jantung

Penyumbatan pada pembuluh darah dapat menyebabkan katup jantung bocor dan merusak jantung Anda. Tetapi kebanyakan orang tidak tahu bahwa hal itu bisa juga disebabkan oleh virus flu yang pada umumnya muncul karena kedinginan.

Kondisi seperti itu disebut virus kardiomiopati. Sama dengan gejala pilek dan flu, jantung Anda juga bisa sembuh setelah virus tersebut pergi.

5. Letak jantung tidak seperti yang Anda pikirkan

Ketika disuruh menunjukkan letak jantung, pasti sebagian besar orang akan menyentuh dada bagian kiri. Sebenarnya letak jantung tidak sepenuhnya berada di bagian sisi kiri dada melainkan terletak agak sedikit ke kiri dari bagian tengah dada, tepat di belakang tulang dada.

Namun, mengapa ketika jantung berdetak rasanya itu seperti terletak di bagian kiri pusat? Bagian sisi kiri dari jantung Anda bertanggung jawab untuk mendorong darah ke sudut terjauh dari tubuh Anda. Tetapi tidak semua bagian jantung memberikan dorongan kuat kepada bagian-bagian tubuh, hanya bagian kiri jantung yang memberikan dorongan kuat sehingga detak jantung terasa berada di ujung kiri dada.

4. Tidak Selamanya Penyakit Jantung Itu Pembunuh Nomor Satu

Di Amerika Serikat kebanyakan orang yang meninggal dikarenakan penyakit jantung, begitupun dengan beberapa negara lainnya di seluruh penjuru dunia. Namun tidak selamanya penyakit jantung itu merupakan pembunuh nomor satu.

Pada tahun 1900, pneumonia, tuberkulosis, dan diare adalah tiga penyakit paling mematikan di Amerika kala itu, sementara penyakit jantung berada di urutan nomor empat.

Tetapi seiring berjalannya waktu, penyakit jantung bertanggung jawab atas kematian banyak orang di beberapa negara dan terus meningkat setiap tahunnya. Perkembangan teknologi dan pekerjaan yang berat juga telah dikaitkan sebagai penyebab meningkatnya penyakit jantung.

3. Jantung akan tetap berfungsi ketika dikeluarkan dari tubuh

Dalam salah satu adegan di film “Indiana Jones and the Temple of Doom” menunjukkan bahwa jantung tetap berfungsi ketika sudah dikeluarkan dari tubuh manusia. Hal seperti itu mungkin saja benar-benar bisa terjadi.

Jantung Anda memiliki sistem listrik sendiri yang menyebabkan jantung Anda terus berdetak selama masih menerima oksigen, bahkan jika itu terpisah dari tubuh Anda.

2. Jantung tidak pernah kelelahan

Jantung mulai berdetak empat minggu setelah pembuahan dan tidak akan pernah berhenti sampai meninggal. Setidaknya jantung akan berdetak sebanyak 100.000 kali dalam sehari dan hampir satu juta kali dalam seminggu.

Yang lebih menakjubkannya lagi, jantung tidak pernah kelalahan meskipun kondisinya mulai melamah karena beberapa hal. Jantung terus berdetak meskipun Anda tanpa sadar telah menyakitinya.

1. Serangan jantung tidak ditandai dengan nyeri dada

Meskipun gejala serangan jantung pada umumnya ditandai dengan sesak di dada atau terasa berat, ada banyak presentasi lain yang menunjukkan bahwa serangan jantung bisa ditandai dengan mual, jantung berdebar, dan leher serta lengan terasa nyeri.

Beberapa penderita diabetes bahkan tidak merasakan gejala serangan jantung. Kondisi seperti ini disebut serangan jantung ‘diam-diam’.

Loading...