in

Banyak Air yang Harus Diminum, Sebelum, Sesaat, Dan Sesudah Olahraga

(foto: sheknows)

Setelah berolahraga, tubuh akan kehilangan cairan sehingga membuat Anda kehausan. Tapi tahukah Anda bahwa minum juga diperlukan sebelum dan sesaat olahraga. Hal itu dilakukan agar tubuh tidak kekurangan cairan yang bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, kram dan lainnya.

Lalu berapa banyak air yang perlu diminum sebelum, sesaat dan sesudah olahraga? Berikut jawabannya seperti dikutip Pop Sugar oleh merdeka.com.

Sebelum olahraga:

Minum sekitar setengah liter air saat satu atau dua jam sebelum olahraga. Minum lagi sekitar 0,2 liter 15 menit sebelum olahraga.

Saat olahraga:

Minum sekitar 177 ml air setiap 15 menit sekali saat olahraga. Jika Anda berolahraga dalam waktu yang lama dan dalam cuaca yang panas, Anda bisa mengonsumsi sport drink atau minuman yang banyak mengandung elektrolit.

Setelah olahraga:

Timbang berat badan sebelum dan sesudah olahraga. Untuk setiap 0,5 kg penurunan berat badan, Anda harus minum sekitar setengah liter air mineral atau sport drink.

Dengan begitu jangan sampai tubuh Anda kekurangan cairan. Selain itu jangan sampai pula tubuh kelebihan cairan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Untuk mengetahui apakah Anda kekurangan atau kelebihan cairan, dapat dilakukan dengan melihat urine setelah berolahraga. Kalau urine berwarna gelap dan pekat itu berarti Anda kurang minum. Sementara urine yang terlalu jernih menandakan Anda kelebihan konsumsi air.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Loading...