in

6 Makanan Untuk Meningkatkan Mood

Teh (foto: EatingWell)

Memiliki suasana hati yang baik berarti terhindar dari depresi. Terhindar dari depresi berarti jauh dari penyakit. Oleh karena itu memiliki mood yang baik setiap harinya sangat berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Untuk mendapatkan suasana hati yang baik meski hari sedang buruk bukanlah hal yang terlalu sulit. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dipercaya bisa meningkatkan mood Anda.

Loading...

Berikut 7 makanan untuk meningkatkan mood Anda yang Wow Menariknya kutip dari EatingWell.

6. Coklat

Coklat memang sudah tak diragukan lagi bisa membuat Anda merasa lebih baik ketika mulai melelehkannya di dalam mulut.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Penelitian Nestle di Swiss, menunjukkan makan coklat hitam 1,4 ons setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi hormon stres, termasuk kortisol.

5. Makanan Karbohidrat

Karbohidrat dipercaya tidak membuat seseorang gemuk dan malah itu sangat baik untuk meningkatkan mood. Dalam sebuah penelitian Archives of Interneal Medicine, orang-orang yang kekurangan karbohidrat memiliki risiko tinggi terkena depresi, kecemasan dan marah.

Para peneliti menduga bahwa zat karbohidrat dapat meningkatkan produksi serotonin, zat kimia otak yang membuat perasaan jadi lebih baik.

4. Buah dan Sayuran

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran dan asam lemak omega-3 pada ikan berhubungan erat dengan penurunan risiko depresi. Folat, vitamin B yang ditemukan dalam kacang-kacangan, jeruk dan sayuran hijau gelap seperti bayam, dapat mempengaruhi neurotransmitter yang berdampak pada suasana hati.

3. Ikan

Omega-3 adalah kunci untuk mendapatkan mood yang lebih baik. Dan sumber omega-3 yang terbaik berasal dari ikan, seperti tuna, trout, sarden atau minyak ikan juga termasuk.

Omega-3 dapat mengubah zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati khususnya dopamin dan serotonin. Sementara itu, rendahnya serotonin dikaitkan dengan risiko terkena depresi yang lebih tinggi.

2. Kelapa

Ketika Anda stres, aroma pada kelapa dapat membuat Anda merasa lebih baik dan detak jantung jadi melambat.

Dalam studi yang dilakukan di Universitas Kolombia memnunjukkan orang yang menghirup aroma kelapa dapat menurunkan tekanan darah dalam waktu yang relatif cepat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menghirup aroma yang menyenangkan dapat menurunkan tingkat stres.

1. Teh

Minum teh hijau atau hitam berkafein dapat meningkatkan kewaspadaan lebih dalam pikiran, menurut sebuah studi dalam The Journal of Nutrition. Para peneliti berpikir bahwa asam amino dalam beberapa varietas teh dapat bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

Setidaknya disarankan minum lima sampai enam cangkir teh setiap hari untuk mendapatkan meningkatkan mood Anda.

Loading...