in

10 Pesepakbola yang Memiliki Jiwa Sosial Tinggi

Menjadi seorang pemain sepak bola profesional yang main di klub-klub besar sudah pasti membuat mereka menjadi seorang yang kaya raya. Meski kehidupan para pemain sepak bola dunia identik dengan keglamoran dan kemewahan, tetapi tetap mereka tidak melupakan sisi baiknya sebagai seorang manusia yang saling membantu satu sama lain.

Berikut ini Wow Menariknya sudah menyajikan beberapa pesepakbola yang memiliki jiwa sosial tinggi alias suka melakukan kegiatan amal, seperti dilansir MensXP.

10. Didier Drogba

(foto via: MensXP)

Mantan penyerang Chelsea ini dikenal sebagai pesepakbola yang suka melakukan kegiatan amal di negaranya sendiri. Permintaannya untuk mendukung Pantai Gading ikut serta di Piala Dunia 2006 telah mengakhiri perang saudara yang sudah berlangsung selama lima tahun lamanya.

Karena Drogba begitu berpengaruh di negaranya sendiri, ia masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi majalah TIME 2010. Selain itu, ia juga memiliki sebuah organisasi amal yang bernama The Didier Drogba Foundation yang membantu memenuhi kebutuhan dasar di Pantai Gading.

9. Craig Bellamy

(foto via: MensXP)

Bintang Liga Premier ini setidaknya sudah menyumbangkan hartanya sebesar 1,4 juta poundsterling (Rp 27 miliar) dari pendapatannya sendiri di Sierra-Leone untuk memulai badan amalnya yang bernama Craig Bellamy Foundation.

Yayasan tersebut memberikan pendidikan kelas dunia kepada anak-anak yang kurang mampu serta melatih mereka untuk bermain sepak bola.

8. Jack Wilshere

(foto via: MensXP)

Gelandang Arsenal ini mungkin tidak memiliki sebuah organisasi amal atau semacamnya. Tapi ketika ia menghebohkan sosial media dalam sebuah gerakan sederhana untuk membantu seorang anak penderita tumor bernama Jack Marshall, ia dikenal sebagai pesepakbola yang memiliki jiwa sosial tinggi.

Wilshere sering menghabiskan waktu bersama Marshall dan juga bersama keluarganya. Bahkan ia pernah mengundang Marshall untuk pesta barbeque di rumahnya.

7. Mario Balotelli

(foto via: MensXP)

Balotelli memang dikenal sebagai salah satu pemain yang suka bikin ulah. Namun, di balik sifatnya itu ia adalah seorang yang sangat murah hati dan suka membantu orang lain. Penyerang Liverpool itu dikabarkan sudah membagikan uang sebesar 1.000 poundsterling (Rp 19 juta) kepada fakir miskin. Selain itu ia pernah menyumbangkan setengah gajinya untuk melakukan kegiatan amal lainnya.

6. Dirk Kyut

(foto: MensXP)

Pemain Belanda yang satu ini dikenal memiliki sikap rendah hati baik saat berada di dalam lapangan atau sedang di luar lapangan. Kyut memiliki sebuah badan amal bernama Dirk Kyut Foundation yang bekerja untuk membantu anak-anak kurang mampu di beberapa negara berkembang. Istrinya, Gertrude Kyut juga ikut aktif bersama sang suami menjalankan organisasi amalnya tersebut.

5. Ryan Giggs

(foto: MensXP)

Meski Ryan Giggs sudah hengkang dari dunia sepak bola pada 2014 lalu, namun ia tetap dikenal sebagai salah satu pesepakbola yang berjiwa sosial tinggi. Mantan pemain Manchester United itu sangat aktif dalam organisasi Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF).

4. Michael Essien

(foto: MensXP)

Gelandang AC Milan juga dikenal sebagai pemain bola dengan jiwa sosial tinggi. Dia berhasil mengorganisir pertandingan amal beberapa tahun yang lalu antara Afrika XI dan World XI di Ghana. Dia juga dipilih menjadi duta perdamaian oleh Uni Afrika dalam rangka mewujudkan perdamaian di Afrika.

3. Mesut Ozil

(foto: MensXP)

Sebagai seorang muslim, Mesut Ozil tak lupa untuk sering-sering membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Ketika Jerman berhasil menjadi juara di Piala Dunia 2014 lalu, gelandang Arsenal itu menyumbangkan pendapatannya sebesar 237.000 poundsterling (Rp 4,5 miliar) kepada 23 anak Brasil. Uang tersebut diharapkan bisa digunakan untuk membiayai pengobatan anak-anak tersebut.

2. Lionel Messi

(foto: MensXP)

Pemain berbakat yang satu ini ternyata tak hanya gesit di lapangan hijau, tetapi gesit dalam melakukan banyak kegiatan amal. Messi memiliki sebuah badan amal bernama Leo Messi Foundation. Dia juga menjadi seorang anggota aktif di UNICEF.

Selain itu, penyerang Barcelona ini juga kerap menyumbangkan uangnya untuk membangun infrastruktur di negara asalnya di Argentina. Seperti membangun asrama atau restorasi rumah sakit di kota kelahirannya.

1. Cristiano Ronaldo

(foto via: MensXP)

Berbicara tentang pesepakbola yang memiliki jiwa sosial tinggi, nama Cristiano Ronaldo atau akrab dipanggil CR7 ini pasti tidak akan luput. Penyerang Real Madrid ini memang sudah tak terhitung lagi berapa kali telah melakukan kegiatan amal.

CR7 pernah menyumbangkan uang sebesar 1,5 juta euro (Rp 21,7 miliar) untuk mendirikan sekolah-sekolah di Gaza dengan menjual Sepatu Emas miliknya pada tahun 2012 lalu. Dia juga telah mendirikan sebuah pusat kanker di Madeira, Portugal. Selain itu, CR7 juga sudah menjadi brand ambassador untuk kampanye “Save The Children” yang membantu anak-anak yang kurang mampu.