in

Kenali Tanda-Tanda Seseorang Sedang Berbohong

Ilustrasi

Mengetahui apakah seseorang sedang berbohong atau tidak memang bukan hal mudah dan bukan sesuatu yang bisa ditebak-tebak. Tapi sebenarnya menilai seseorang yang sedang berbohong itu lumayan mudah.

Seperti yang diungkpakan Dr Leanne, seorang psikolog forensik di Haas School of Business di University of California, yang menybeutkan bahwa naluri kita untuk menilai pembohong itu sebenarnya sangat kuat, tapi kadang-kadang pikiran kita suka tidak sadar dan akhirnya kita tidak tahu seseorang itu sedang berbohong.

Selain itu kita bisa dengan mudah mengetahui seseorang sedang berbohong melalui tanda-tanda yang ditunjukan si pembohong.

Seperti dilansir Business Insider, Dr Lillian Glass, seorang analisi pakar dan perilaku bahasa tubuh yang telah bekerja dengan FBI, mengatakan ketika mencoba untuk mencari tahu seseorang sedang berbohong, Anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana orang tersebut biasanya bertindak. Kemudian Anda perhatikan ekspresi wajah mereka, bahasa tubuh, dan pola bicara, seperti yang ia tulis dalam bukunya berjudul “The Body Language of Liars.”

1. Mereka mengubah posisi kepala mereka dengan cepat

Jika Anda melihat seseorang tiba-tiba membuat gerakan kepala ketika Anda memberikan mereka pertanyaan langsung, mereka mungkin sedang berbohong kepada Anda tentang sesuatu.

“Kepala akan ditarik atau tersentak kembali, tertunduk ke bawah, atau memeringkan ke samping,” tulis Glass. Hal seperti ini sering terjadi tepat sebelum orang tersebut menanggapi pertanyaan yang diberikan.

2. Perubahan nafas mereka

Ketika seseorang berbohong kepada Anda, mereka mungkin mulai bernafas berat. “Itu adalah tindakan rekleks,” kata Glass.

Ketika nafas mereka berubah. bahu mereka akan meningkat dan suara mereka bisa jadi dangkal. “Pada intinya, mereka kehabisan nafas karena denyut jantung dan aliran darah mereka berubah. Tubuh Anda mengalami jenis perubahan ketika Anda gugup dan merasa tegang – ketika Anda bohong,” tambahnya.

3. Mereka berdiri diam

Ini merupakan pengetahuan umum bahwa orang-orang gelisah ketika mereka sedang gugup, tapi Anda juga harus hati-hati pada orang-orang yang tidak bergerak sama sekali.

“Ini mungkin merupakan tanda dari primitif neurologis ‘pertarungan’, daripada ‘penerbangan’, respon, karena posisi tubuh dan menyiapkan diri untuk kemungkinan konfrontasi.”

“Ketika Anda berbicara dan terlibat dalam percakapan normal adalah wajar untuk menggerakan tubuh Anda secara halus, santai dan gerakannya sadar. Jadi jika Anda mengamati kekakuan, sikap katatonik tanpa gerakan, seringkali menjadi tanda peringatan besar bahwa ada sesuatu yang salah.”

4. Mereka mengulang kata-kata atau frasa

Hal seperti ini biasanya terjadi karena orang yang sedang berbohong berusaha meyakinkan Anda dan diri mereka sendiri. “Mereka mencoba untuk memvalidasi kebohongan dalam pikiran mereka. Misalnya, ia mungkin berkata ‘Aku tidak…Aku tidak..’ berulang-ulang,” ujar Glass.

Pengulangan seperti ini juga merupakan cara untuk membeli waktu untuk dirinya sendiri karena mereka sedang berusaha untuk mengumpulkan pikiran mereka.

5. Mereka memberikan telalu banyak informasi

“Ketika seseorang terus menerus memberikan terlalu banyak informasi, informasi yang tidak diminta dan terutama kelebihan rincian, ada kemungkinan sangat tinggi bahwa ia tidak mengatakan yang sebenarnya.”

“Pembohong sering berbicara banyak karena mereka berharap bahwa dengan semua pembicaraan mereka dan keterbukaan mereka, orang lain akan percaya.”

6. Menyentuh atau menutup mulut mereka

“Tanda-tanda berbohong adalah seseorang otomatis akan meletakkan tangan mereka di atas mulut mereka ketika mereka tidak mau berurusan dengan masalah atau menjawab pertanyaan,” ujar Glass.

“Ketika orang dewasa meletakkan tangan mereka di atas bibir mereka, itu berarti mereka tidak mengungkapkan segalanya, dan mereka hanya tidak ingin mengatakan yang sebenarnya. Mereka benar-benar menutup komunikasi.”

7. Secara naluriah mereka menutupi bagian tubuh yang rentan

Ini mungkin termasuk anggota tubuh seperti tenggerokan, dada atau perut.

“Saya sudah sering melihat ini di ruang sidang ketika saya bekerja sebagai konsultan untuk pengacara. Saya selalu bisa tahu kapan kesaksian seseorang telah memukul saraf dengan terdakwa, ketika saya melihat tangan nya menutupi bagian depan tenggorokan nya,” kata Glass.

8. Meyeret kaki

“Ini adalah bagian tubuh yang mengambil alih. Menyeret kaki memberitahu Anda bahwa pembohong tidak nyaman dan gugup. Hal itu juga menunjukkan bahwa dia ingin meninggalkan situasi, mereka ingin pergi jauh,” ujarnya.

“Ini adalah salah satu cara utama untuk mendeteksi kebohongan. Hanya melihat kaki mereka dan Anda dapat mengetahui banyak.”

9. Mereka jadi sulit berbicara

“Jika Anda pernah menonton rekaman video interogasi seorang tersangka yang bersalah, Anda akan sering melihat bahwa orang itu menjadi lebih sulit untuk berbicara.”

“Hal itu terjadi karena sistem saraf otomatis menurunkan aliran saliva selama stres, yang tentu saja mengeringkan selaput lendir mulut mereka.”

Tanda-tanda lain yang perlu diperhatikan juga adalah menggigit bibir tiba-tiba atau bibir menjadi mengerucut.

10. Mereka menatap Anda tanpa berkedip banyak

Ketika seseorang sedang berbohong, hal seperti umum terjadi dalam upaya untuk mengontrol dan memanipulasi Anda.

“Seperti kebanyakan pria penipu, overcompensated dan menatap orang lebih lama dari biasanya, sering tanpa berkedip secara berkala,” kata Glass.

“Ketika orang mengatakan yang sebenarnya, paling sesekali akan menggeser mata mereka di sekitar dan bahkan berpaling dari waktu ke waktu. Pembohong ,di siis lain akan menunjukkan sikap dingin, tatapan tajam untuk mengintimidasi dan mengontrol.”

Tapi Anda juga perlu berhati-hati dengan orang yang suka berkedip dengan cepat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%