in

4 Danau Lava Paling Menakjubkan Ini Sangat Langka

(foto: scribol.com)

Danau lava memang nyaris sama dengan danau pada umumnya. Hanya saja jangan berani-berani berenang di sana. Selain itu danau lava sangat jarang terbentuk karena membutuhkan gunung berapi yang terus aktif beserta lavanya.

Keajaiban alam dapat terbentuk di dalam kawah gunung berapi atau sebuah lubang. Sesuai namanya, danau lava mengandung banyak lava pijar yang sangat panas. Namun, sebagian lagi sudah ada yang membeku.

Nah, berikut ulasan  empat danau lava paling menakjubkan sekaligus langka ini, seperti dilansir Scribol.com.

4. Nyiragongo, Republik Demokratik Kongo

(foto: scribol.com)

Gunung berapi yang satu ini mungkin memiliki danau lava paling kejam di dunia. Sebab danau tersebut terus didorong oleh Gunung Berapi Nyiragongo yang sering meletus.

Nyiragongo termasuk gunung berapi straovolcano, yang memiliki puncak menjulang dengan kawah utamanya memiliki kedalaman 250 meter dan lebar 2 meter. Gunung ini pernah meletus dahsyat pada 17 Januari 2002 lalu yang memaksa 500.000 orang untuk mengungsi.

3. Erta Ale, Ethiopia

(foto: scribol.com)

Erta Ale adalah gunung berapi paling aktif di Ethiopia yang memiliki tinggi 613 meter. Gunung berapi ini juga disebut gunung berapi perisai karena bentuk sudutnya yang menyerupai perisai seorang prajurit. Selain itu gunung berapi ini memiliki danau lava yang masih aktif.

Letusan terakhir gunung berapi ini terjadi pada 25 September 2005 lalu.

2. Kilauea, Hawaii

(foto: scribol.com)

Gunung berapi yang terletak di Hawaii ini mungkin jadi gunung berapi paling muda sekaligus paling aktif di dunia. Sejak 3 Januari 1983, gunung berapi ini tiada hentinya memuntahkan lava pijar.

1. Gunung Erebus, Antartika

(foto: scribol.com)

Gunung Berapi Erebus yang terletak di Pulau Ross, Antartika, mungkin akan membuat Anda terkejut. Karena ada gunung berapi di wilayah yang sebagian besarnya adalah es. Gunung dengan tinggi 3.794 meter ini merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik, yang artinya 160 gunung berapi paling aktif.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Loading...