in

10 Kendaraan Menakjubkan yang Mungkin Ada di Masa Depan

Kita tidak tahu percis seperti apa kendaraan-kendaraan di masa depan nanti. Tapi mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih dengan begitu pesatnya, sudah pasti kendaraan-kendaraan di masa depan nanti akan jauh berbeda dan jauh lebih canggih lagi dibandingkan dengan kendaraan sekarang.

Berikut beberapa kendaraan super canggih dan menakjubkan yang mungkin ada di masa depan nanti, seperti yang kami kutip dari TopTenz.net.

10. Mobil Bertenaga Udara

Pasokan minyak bumi di dunia ini ada batasnya dan sekarang dikatakan minyak bumi sudah sedikit lagi. Hal tersebut memaksa para ilmuwan untuk menemukan alternatif bahan bakar selain minyak bumi.

Meskipun sekarang tengah banyak dikembangkan mobil bertenaga baterai, namun harga mobilnya termasuk bahan bakarnya bisa mencapai ratusan ribu dolar. Oleh karena itu Peugeot sedang mengembangkan mobil hybrid terbaru dan lebih murah yang dapat dijalankan dengan menggunakan minyak bumi dan udara terkompresi.

Mobil otomatis tersebut akan menggunakan udara saat mengemudi di bawah kecepatan 69 km per jam. Namun ketika mengemudi di atas keceapatan tersebut, maka pengguna bisa memilih salah satu bahan bakar, mau menggunakan minyak bumi atau udara.

Namun sayangnya udara terkompresi bisa memproduksi sedikit racun yang cukup berbahaya bagi polusi. Untuk mengatasi semua itu, para ilmuwan terus mencari celah memperbaiki kelemahan mobil bertenaga udara ini.

9. Kendaraan Militer yang Lebih Baik

Para peneliti selalu berusaha untuk memperkuat kendaraan militer mereka. Pada bulan Agustus 2014 lalu, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengumumkan tujuannya untuk tidak membuat kendaraan militer yang lebih kuat, tetapi juga mengurangi ukuran dan berat kendaraan serta meningkatkan kecepatannya.

Sebuah program yang dikenal sebagai Ground X-Vehicle Technology (GXV-T) akan memperkenalkan konse-konsep baru seperti sensor yang akan membantu melacak pasukan sekutu atau musuh. Kendaraan ini juga memiliki kecepatan yang cukup tinggi serta hanya perlu sedikit orang untuk mengoperasikannya. Belum lagi kendaraan ini bisa menggunakan sistem autopilot ketika orang yang mengoperasikannya sibuk dengan tugas lainnya.

8. Helikopter Pribadi

Pernahkah kamu membayangkan bisa mengendarai helikopter pribadi? Mungkin di masa depan nanti kendaraan seperti ini bisa saja ada. Jadi, daripada membeli mobil mewah yang sama-sama akan terjebak macet, lebih baik membeli kendaraan canggih yang satu ini.

Sebuah proyek Uni Eropa yang disebut MyCopter bertujuan untuk menciptakan sebuah helikopter pribadi yang dapat dikontrol dengan mudah seperti mobil pada umumnya. Kendaraan ini nantinya akan terbang tidak terlalu tinggi untuk tidak mengganggu lalu lintas udara dan juga jangan terlalu rendah agar tidak mengganggu lalu lintas darat.

Kabarnya, tahap awal proyek ini sudah selesai dan rencananya kendaraan ini akan terus dikembangkan sampai benar-benar bisa digunakan oleh publik.

7. Mobil yang Bisa Mengemudi Sendiri

Karena sebagian besar kecelakaan mobil terjadi karena human error, maka dikembangkan sebuah mobil yang bisa mengemudi sendiri.

Proyek mobil ini sedang dikembangkan oleh Google. Nantinya, pengguna tidak perlu lagi memegang kendali atau menginjak gas dan rem, cukup memasukan lokasi tujuan dan duduk santai sampai mobil ini sampai ditujuan dengan sendirinya.

Mobil ini dapat mendeteksi kendaraan lainnya melalui sebuah radar yang memiliki jangkauan hingga 180 meter. Selain itu terdapat pula kamera dan laser sensor untuk memaksimalkan kinerja rada tersebut.

Mobil pintar ini benar-benar sangat efektif untuk menghindari kecelakaan. Walaupun model mobil ini hanya memiliki kecepatan maksimal 40 km per jam, tapi pengguna bisa dengan santai sambil sarapan pagi ketika dalam perjalanan. Tapi tetap jika kondisi jalanan macet, mobil pintar ini tidak bisa melakukan apa-apa.

6. Pesawat Udara yang Dikontrol dengan Pikiran

Sebuah proyek yang didanai oleh Uni Eropa yang dikenal dengan nama BrainFlight memungkinkan cara yang lebih mudah untuk mengendalikan sebuah pesawat dengan hanya menggunakan pikiran.

Pilot nantiknya akan mengenakan topi yang dilengkapi dengan elektroda EEG yang dapat memproses sinyal-sinyal listrik otak. Lalu, hasilnya nanti akan diproses oleh komputer dengan menggunakan algoritma. Setiap algoritma diproses sesuai dengan perintah untuk mengendalikan pesawat.

EEG sendiri telah berguna dalam memungkinkan orang untuk melakuka tugas-tugas sederhana tanpa menggunakan otot.

5. Hoverbike

Mungkin kamu sering melihat kendaraan yang satu ini dalam film fiksi ilmiah. Meskipun hoverbike yang satu ini terlihat lebih mirip dengan yang digunakan stormtroopers dalam film Star Wars, cara kerja kendaraan ini pada dasarnya sama.

Aerofex berencana untuk merilis hoverbike pada tahun 2017 nanti dengan tes penerbangan yang dimulai tahun 2016. Berat kendaraan ini mencapai 356 kg dan memiliki kecepatan hingga 72 km per jam serta mampu membawa hingga dua orang.

Meskipun kedengarannya sangat lambat, tapi yang lebih penting lagi adalah soal kenyamanan dan keselamatan menginggat kendaraan ini hanya mampu mencaai ketinggian 3,7 meter.

4. Kereta Melayang Super Cepat

Kereta yang dapat melayang di atas rel sekarang hanya jadi bahan perbincangan saja. Mengingat sudah ada kereta komersial berkecepatan tinggi yang mampu mencapai kecepatan lebih dari 400 km per jam. Tapi bayangkan jika ada kereta yang mampu mencapai kecepatan hingga 2,900 km per jam. Setara dengan tiga kali kecepatan pesawat komersial.

Sebuah proyek pengembang di China yang disebut Super Maglev memiliki potensi untuk menciptakan kereta dengan kecepatan setinggi itu. Kereta tersebut diberi nama Maglev atau Magnetic Levitation yang berarti kereta tersebut menggunakan magnet untuk bergerak dan agak sedikit melayang di atas rel.

Dengan sistem seperti itu memungkinkan roda kereta terhindari dari gesekan dengan rel sehingga kecepatan yang dihasilkan pun lebih cepat. Tapi semakin kecepatan bertambah maka tekanan udara juga ikut bertambah sehingga bisa memperlambat laju kereta. Itu sebabnya kereta Maglev saat ini hanya mampu mencapai kecepatan 431 km per jam.

Kereta Super Maglev nantinya akan menggunakan sebuah tabung untuk mengurangi tekanan udara dan memungkinkan kecepatan kereta sesuai yang diharapkan.

3. Kapal Selam Super Cepat

Tak hanya kereta api yang dikembangkan China untuk memiliki kecepatan super cepat, tapi negeri tirai bambu ini juga berencana untuk membuat kapal selam dengan kecepatan tinggi. China akan membuat kapal selam supersonik yang cukup cepat untuk menempuh perjalanan trans Pasifik dalam hitungan jam atau sekitar 100 menit.

Tercatat kapal selam tercepat yang pernah dibuat memiliki kecepatan hingga 80 km per jam. Oleh karena itu para peneliti berencana untuk menggunakan proses yang disebut ‘superkavitasi’ yang memungkinkan kapal selam dibungkus dalam sebuah gelembung untuk mengurangi hambatan air yang dapat mengurangi kecepatan.

Sebuah kapal selam superkavitasi secara teoritis dapat mencapai kecepatan hingga 5.800 km per jam yang nyaris sama dengan kecepatan suara dalam air.

2. SR-72

Versi sebelumnya dari pesawat ini, SR-71 Blackbird, yang digunakan AS pada tahun 1964 sebagai pesawat mata-mata ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Sampai tidak beroperasi lagi pada tahun 1998, pesawat ini tetap memegang rekor sebagai pesawat jet berawak tercepat di dunia.

Lockheed Martin, pencipta Blackbird, telah memulai proyek untuk membuat pengganti SR-71. Jet baru itu akan memiliki ukuran yang sama dengan pendahulunya tetapi memiliki kecepatan yang lebih tinggi yang mencapai Mach 6 di mana SR-71 hanya memiliki kecepatan hingga Mach 3.

SR-72 rencananya mulai terbang pada tahun 2018 nanti dan diharapkan bisa beroperasi penuh pada tahun 2030.

1. Batmobile

Penggemar film The Dark Knight mungkin tahu mobil yang sering digunakan si manusia kelelawar ini. Meskipun mobil ini tidak terlalu mirip dengan mobil Batman yang ada dalam film, tapi mobil ini tak kalah canggih lho.

GF7 mobil jet memiliki mesinyang menakjubkan yang dapat mencapai kecepatan hingga 160 km per jam. Dan yang lebih menariknya lagi mobil ini bisa terbang dengan membuka sayap lipatnya hingga mencapai ketinggian 12.000 meter dan dapat melaju dengan kecepatan maksimum 885 km per jam di udara.

Seperti pesawat pada umumnya yang memerlukan landasan pacu untuk lepas landas, batmobile juga memerlukan hal serupa. Namun sayangnya harga kendaraan canggih ini dipatok dengan harga tiga sampai lima juta dolar dan diharapkan batmobile akan tersedia dalam waktu sekitar empat tahun.

Loading...