in

Penduduk 10 Tempat Ini Memiliki Umur Panjang

(foto: Shutterstock)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki umur yang panjang. Misalnya saja gaya hidup yang sehat, banyak mengonsumsi makanan yang lebih alami, pola hidup yang teratur dan masih banyak hal lainnya.

Selain itu, faktor pelayanan kesehatan serta jaminan makanan bergizi yang diberikan suatu wilayah atau negara juga berpengaruh besar terhadap harapan hidup penduduknya. Dan juga bebas dari konflik.

Berikut 10 tempat di dunia dengan penduduknya yang berumur panjang, seperti dilansir Toptenz.net.

10. Australia

Sebagian besar penduduk Australia dapat hidup sampai usia 81-an. Hal itu dikarenakan mereka memiliki pola hidup yang santai, bebas stres, mengonsumsi makanan yang sehat, dan melakukan diet seimbang. Selain itu, layanan kesehatan di Australia memiliki standar yang tinggi. Dan juga para penduduknya sadar akan pentingnya kesehatan.

Wanita Australia diperkirakan dapat hidup sampai usia 84 tahun, sedangkan bagi pria mereka dapat hidup sampai usia 79 tahun. Tapi itu tidak berlangsung lama, harapan hidup penduduk negeri Kanguru itu semakin menurun setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan penderita obesitas di kalangan orang dewasa meningkat tajam.

9. Guernsey

Guernsey merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Inggris dan memiliki 65.000 penduduk. Meskipun pulau ini jauh dari wilayah Inggris, tetapi harapan hidup penduduk pulau tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penduduk daratan Inggris.

Harapan hidup penduduk Guernsey secara keseluruhan adalah 82 tahun, sementara penduduk daratan Inggris hanya sampai 80 tahun. Hal ini dikarenakan pulau ini sangat kaya dan para penduduknya mampu menjalani gaya hidup yang sehat. Ditambah lagi pulau ini memiliki pelayanan kesehatan yang sangat bagus.

8. Swiss

Rata-rata penduduk Swiss bisa hidup sampai usia 82 tahun. Sebab negara ini memiliki reputasi sebagai negara paling damai di dunia, dengan sedikit konflik dan ekonomi yang stabil. Swiss juga memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi per kapita di dunia.

Tak hanya itu Swiss terkenal memiliki standar tinggi di semua sektor publik, misal di sektor kesehatan dan pendidikan. Kebanyakan orang Swiss juga memiliki gaya hidup yang berkualitas tinggi, mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang dan pola hidup yang teratur.

7. Andorra

Setelah banyak wisatawan asing mengunjungi negara ini, Andorra berubah dari salah satu negara termiskin di Eropa menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Populasi negara ini yang mencapai lebih dari 79 ribu penduduk, sangat mencintai perdamaian dan suka hidup alami.

Di negara yang terletak di perbatasan Perancis dengan Spanyol ini, sudah umum melihat orang berusia 70 sampai 80-an berolahraga setiap hari. Mereka juga sangat tahu tentang pendidikan pola hidup yang sehat. Karena hal itu, penduduk Andorra memiliki harapan hidup yang tinggi sampai usia 80 tahunan.

6. Hong Kong

Hong Kong yang merupakan Daerah Administratif Khusus China juga memiliki pendudukan dengan harapan hidup yang tinggi, yaitu mencapai usia 82 tahun. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan China sendiri, yang secara keseluruhan hanya memiliki harapan hidup sampai 75 tahun.

Rata-rata pria di Hong Kong memiliki harapan hidup sampai 79 tahunan atau lebih, sementara perempuannya dapat hidup sampai usia 85 tahun.

5. San Marino

San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia yang sebagian besar penduduknya adalah imigran dari Italia. Meskipun demikian, rata-rata penghuni negara ini memiliki umur yang panjang.

Penduduk negara ini memang menikmati gaya hidup yang bebas, relatif santai dan jauh dari stres. Makanan yang dikonsumsi pun sama dengan makanan Italia, yang umumnya sehat dan bergizi. Wanita San Marino memiliki harapan hidup sampai usia 85 tahun, sedangkan kaum laki-laki diperkirakan dapat hidup sampai usia 80 tahun lebih.

4. Singapura

Singapura memang terkenal sebagai negara paling maju di Asia Tenggara. Karena hal itu, Singapura memiliki perekonomian yang kuat yang sebagian besar hasilnya dialokasikan untuk kesehatan. Hasilnya pun Singapura memiliki pelayanan kesehatan paling efisien di muka bumi – peringkat ke-6 dalam skala global menurut sebuah studi tahun 2000.

Dengan pelayanan kesehatan seperti itu, sudah pasti penduduk Singapura memiliki harapan hidup yang sangat tinggi. Ditambah dengan gaya hidup sehat, dan banyak mengonsumsi makanan bergizi, rata-rata penduduk Singapura diperkirakan bisa hidup sampai 84 tahunan lebih.

3. Jepang

Orang Jepang tak hanya dikenal dengan kedisiplanannya, tetapi juga gaya hidup mereka yang sehat. Ikan, rumput laut, dan teh hijau sudah menjadi asupan bergizi harian orang Jepang. Hal itu membuat Jepang berstatus sebagai negara dengan tingkat obesitas paling rendah di dunia.

Perempuan di Jepang bisa memiliki harapan hidup sampai 86 tahunan, bahkan lebih. Sedangkan laki-laki diperkirakan dapat hidup sampai usia 82 tahun.

2. Makau

Sama halnya dengan Hong Kong, Makau juga merupakan Daerah Administratif Khusus dari China dengan populasi lebih dari setengah juta penduduk. Makau juga memiliki penduduk dengan harapan hidup yang tinggi.

Makau terkenal karena kasinonya yang berhasil meraup miliaran dolar dari investasi asing. Sehingga membuat negara ini memiliki PDB tertinggi tingkat dunia. Perempuan yang lahir di Makau memiliki harapan hidup lebih lama dibandingkan dengan pria, dengan rentang hidup rata-rata 87 tahun, dan 81 tahun untuk pria.

1. Monako

Harapan hidup penduduk Monako secara keseluruhan bisa mencapai usia 90 tahun. Saat lahir, perempuan yang tinggal di Monako memiliki harapan hidup sampai usia 93 tahun, dan bagi kaum pria mereka dapat hidup sampai usia 85 tahun.

Hal itu dikarenakan sebagian besar penduduk Monako memiliki gaya hidup yang mewah dengan makanan dan pelayanan kesehatan yang terjamin. Jadi, tak heran kalau negara ini merupakan negara dengan penduduk paling panjang umur di dunia.

Loading...