in

10 Hewan Hasil Mutasi Genetik Paling Aneh

Kucing bermata satu (foto: Daily Mail/via The Richest)

Mutasi genetik memang bisa terjadi secara alami pada hewan. Akibatnya hewan-hewan tersebut akan memiliki keadaan fisik yang aneh. Namun, kejadian di mana hewan bermutasi itu sangat langka hanya ada beberapa hewan di dunia ini yang memiliki wujud yang aneh karena kelainan genetik. Berikut 10 hewan hasil mutasi genetik paling aneh, seperti dilansir The Richest.

10. Octogoat

(foto: itv.com)

Sebutan octogoat memang cocok untuk hewan yang satu ini. Kambing dari Kroasia ini terlahir dengan kelainan genetik yang menyebabkan kambing ini memiliki empat kaki tambahan.

Petani Zoran Paparic sangat terkejut ketika melihat kambing itu terlahir dengan kaki yang banyak. Namun, ia memutuskan untuk menjadikan kambing tersebut hewan peliharaan dan tak berniat untuk menjualnya atau memotongnya.

Tambahan pada kaki kambing tersebut disebabkan ia menyerap saudara kandungnya ketika sedang berada di dalam rahim.

9. Katak Berkepala Tiga

(foto: wimp.com)

Semua orang tahu bahwa katak itu hanya memiliki satu kepala, namun bagaimana dengan katak berkepala tiga?

Belum diketahui secara jelas apa yang membuat katak ini memiliki tiga kepala, apakah karena cacat lahir sejak lahir atau karena polusi. Awalnya katak ini disimpan sebagai hewan peliharaan oleh anak-anak berusia 3-4 tahun, sebelum akhirnya ia kabur dan menghilang.

8. Ular dengan Satu Kaki

(foto: naturalwildlifeanimals.blogspot.com)

Pada tahun 2009, seekor ular dengan satu kaki ditemukan oleh seorang wanita di Barat Daya China. Dean Qiongxiu menemukan ular tersebut tergantung di jendela rumahnya. Karena ketakutan, Dean langsung memukul ular tersebut sampai mati dengan menggunakan sepatunya.

Setelah dilihat, Dean terkejut karena ular itu memiliki satu kaki. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengawetkan bangkai ular satu kaki tersebut.

7. Kucing Bersayap

(foto: i-loveyougirl.blogspot.com)

Semua orang tahu bahwa kucing tidak memiliki sayap. Namun, berbeda dengan kucing yang satu ini yang memiliki sayap layaknya seekor burung.

Karena memiliki sayap, bukan berarti kucing itu bisa terbang. Beberapa orang menganggap sayap kucing itu terbentuk karena bulunya yang kusut, sementara beberapa orang lainnya menyebutkan bahwa sayap itu merupakan hasil mutasi genetik.

6. Babi-Kera

(foto: youtube:.com)

Seekor babi kecil berwajah kera lahir di sebuah desa kecil di China. Karena keunikannya itu, warga berbondong-bondong untuk melihat secara langsung babi berwajah kera itu.

Kondisi anak babi ini dianggap sebagai hasil dari cacat genetik yang dikenal dengan nama holoprosencephaly. Kondisi ini dapat menyebabkan cyclopia, yang membuat kedua mata anak babi ini begitu berdekatan.

5. Anak Kucing Bermata Satu

(foto: dailymail.co.uk)

Anak kucing ini dikenal dengan sebutan “Cleyed”, di mana kucing tersebut hanya memilki satau mata sejak lahir. Cleyed adalah kucing kedua yang lahir dari induknya dengan hanya memiliki satu mata besar dan tidak memiliki hidung. Sayangnya, anak kucing ini meninggal tak lama setelah dilahirkan.

4. Anjing Berotot

(foto: mostbeautifulpages.com)

Ternyata tak hanya manusia saja yang bisa beotot, hewan peliharaan seperti anjing juga bisa berotot layaknya binaragawan. Kondisi ini merupakan kelainan genetik yang mengakibatkan kekurangan protein Myostatin. Hasilnya adalah struktur otot yang abnormal atau lebih dikenal dengan sebutan “otot ganda”. Dan itulah yang membuat anjing ini berotot seperti binaragawan.

3. Katak Transparan

(foto: ffffound.com)

Katak tranparan diciptakan di sebuah laboratorium di Hiroshima, Jepang, untuk alasan penelitian. Para ilmuwan menggap penelitian lebih rumit ketika hewan sudah mati dibandingkan ketika masih hidup. Dengan membuat kulit katak jadi transparan, akan membuat para ilmuwan lebih mudah meneliti organ dalam katak yang masih hidup.

2. Lobster Biru

(foto: abcnews.com)

Lobster biru memang sangat jarang ditemukan, tetapi 1 dari 2 juta lobster mungkin akan memiliki warna tubuh biru. Dalam beberapa kasus, seekor lobster ditemukan memiliki dua warna yang membagi pada bagian tengah tubuhnya.

1. Kucing Berwajah Dua

(foto: galleryhip.com)

Kucing berwajah dua ini dikenal dengan nama Franky dan Loule. Kelainan yang dialaminya terjadi karena mereka menyerap tubuh dari salah satu kucing lainnya ketika masih dalam rahim.

Sementara hewan yang terlahir dengan kondisi seperti ini tidak akan hidup lama, tetapi Franky dan Loule tekah menjalani perjalanan hidup yang panjang bersama-sama.

Loading...