in

[FOTO] Mengintip Keindahan Fenomena Alam ‘Red Sprite’ di Malam Hari

Red Sprite (foto: Marko Korosec/Daily Mail)

Sebuah fenomena alam yang dikenal dengan sebutan ‘red sprite’ memang sangat indah untuk dilihat, namun sayang fenomena ini jarang terjadi dan sulit untuk diprediksi.

Seorang fotografer bernama Marko Korosec (32) sudah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengabadikan fenomena red sprite yang biasanya muncul beberapa kali dalam sejam setelah badai.

(foto: Mrko Korosec/Daily Mail)

Kali ini usahanya tak sia-sia, ia berhasil menangkap fenomena red sprite di langit malam kota Vivario, Italia, sambil berdiri di ladang jagung.

Menurut Marko, melihat dan menyaksikan fenomena red sprite secara langsung tidak semudah yang dibayangkan. Hal itu dikarenakan red sprtie belum tentu keluar meskipun badai telah usai.

(foto: Marko Korosec/Daily Mail)

Dikatakan indah, fenomena ini memang seperti cahaya yang berkedepi-kedip berwarna merah menyala. Biasanya fenomena red sprite disebabkan oleh muatan listrik yang besar di langit. Sementara itu, warna rona merah tua red sprite berasal dari nitrogen di udara.

Fenomena red sprite memang sudah ditemukan satau abad yang lalu, namun para peneliti tidak bisa menyimpulkan, bagaiman dan mengapa mereka bisa terbentuk.

Loading...