in

4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Olahraga

Ilustrasi (foto: Shutterstock)

Setiap orang pasti suka melakukan olahraga, baik itu yang ringan atau yang berat. Namun terkadang banyak orang yang melakukan kesalahan usai berolahraga yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Berikut 4 hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga seperti dikuti Wow Menariknya dari berbagai sumber.

4. Jangan langsung mandi

Setelah olahraga, tubuh Anda akan terasa cape, berkeringat, bau, dan panas, sehingga membuat Anda ingin langsung mandi. Namun bila tubuh Anda masih berkeringat dan cape, tetapi Anda memaksakan diri untuk langsung mandi, itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hasilnya, tubuh Anda akan terasa tidak enak dan bahkan Anda bisa terserang demam.

Oleh sebab itu, coba istirahat sejenak sambil menunggu keringat yang keluar mereda setelah berolahraga. Setelah itu baru Anda bisa mandi.

3. Minum-minuman bersoda atau yang mengandung pemanis

Usai berolahraga, tubuh akan kekurangan cairan sehingga membuat Anda merasa haus. Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang yaitu meminum-minuman bersoda atau yang mengandung pemanis untuk mengganti cairan tubuh yang hilang tadi. Minuman bersoda atau yang mengandung pemanis sangat tidak baik bagi tubuh apalagi setelah tubuh kecapean usai berolahraga.

Jadi cukup minum air putih biasa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain itu air putih lebih aman karena tidak mengandung bahan pengawet atau pemanis buatan. Lebih baik lagi minum air hangat karena lebih baik dibandingkan dengan minum air es.

2. Kurang tidur

Kekurangan tidur setelah Anda kecapean berolahraga dapat berakibat fatal bagi tubuh. Hal itu dapat menyebabkan tubuh semakin lelah dan drop yang pada akhirnya Anda akan jatuh sakit. Jadi, memiliki waktu tidur yang cukup sangat dianjurkan untuk memulihkan energi yang terkuras. Selain itu tidur juga dipercaya merupakan kunci dari pertumbuhan dan perbaikan otot.

1. Kurang makan

Selain minum, tubuh juga memerlukan asupan energi setelah berolahraga. Tetapi, Anda jangan langsung mengambil makanan yang berat apalagi yang mengandung lemak. Cukup dengan mengambil cemilan yang sehat, sedikit protein dan karbohidrat untuk memulihkan otot-otot Anda.

Loading...