in

10 Kondisi Medis Paling Aneh dan Langka

Di dunia ini memang banyak hal-hal aneh dan langka yang bisa membuat kita tercengang, termasuk dalam dunia medis.

Dalam dunia medis juga ada beberapa kelainan yang terbilang langka dan sangat aneh. Mulai dari orang dengan kulit berwarna biru sampai alergi terhadap air. Berikut Wow Menariknya sajikan 10 kondisi paling aneh dan langka.

10. Kulit Berwarna Biru

Ilustrasi

Orang yang memiliki kulit berwarna biru tak hanya ada dalam cerita atau film. Di kehidupan nyata ada juga sebuah keluarga yang seluruh anggotanya memiliki warna kulit biru.

Pada tahun 1820, seorang pria bernama Martin Fugate menikah dengan wanita asal Amerika bernama Elizabeth Smith. Pasangan itu dikaruniai tujuh anak, dan empat diantaranya memiliki kulit berwarna biru. Karena mereka memiliki kebiasaan menikah dengan sesama anggota keluarga, banyak anak-anak yang dihasilkan dari pernikahan itu memiliki kulit berwarna biru.

Benjy Stacy adalah salah satu keturunan manusia dengan kulit berwarna biru yang pernah dimuat media. Dia mulai mengetahui kenapa ia memiliki kulit berwarna biru setelah mendengar kisah nenek buyutnya, Elizabeth Smith.

9. Tidak Bisa Tidur

Ilustrasi

Setiap manusia pasti membutuhkan tidur untuk beristirahat dan memulihkan kembali energi yang sudah terkuras. Namun berbeda dengan bocah bernama Rhett Lamb ini yang memiliki kondisi medis yang sangat langka di mana ia tidak bisa tidur.

Seperti dilansir ABC News, Rhett didiagnosis dengan malformasi Chiari, yang menyebabkan ia jadi terjaga hampir 24 jam sehari. Malformasi Chiari itu biasanya terjadi selama perkembangan bayi dalam janin, dan sering dihasilkan dari mutasi genetik dari ibu.

8. Mudah Pingsan

Ilustrasi

Wanita asal Inggris bernama Kay Underwood memiliki kondisi medis langka yang disebut cataplexy, yang berarti apapun emosi yang cukup kuat dapat menyebabkan melemahnya massa otot.

Jadi kalau wanita itu sedikit saja mendapatkan kejutan, marah, dan tertawa, maka ia akan langsung pingsan secara tiba-tiba. Dalam sehari Underwood pernah pingsan sampai 40 kali. Wah gak kebayang kalau pingsan sampai 40 kali dalam sehari?

7. Orgasme Akut

Ilustrasi

Sarah Carmen, wanita asal Inggris harus orgasme lebih dari 200 kali dalam sehari. Hal itu disebabkan karena ia menderita kondisi yang disebut Restless Genital Syndrome, sebuah kondisi yang meningkatkan aliran darah ke organ seks yang mengakibatkan seorang menerima rangsangan seksual secara terus-menerus.

6. Tubuh Jadi Batu

Ilustrasi

Fibrodysplasia Ossificans Progressiva adalah salah satu kondisi genetik paling langka dan paling melumpuhkan yang dikenal dalam dunia medis. Kondisi seperti ini menyebabkan tulang terbentuk dalam otot, tendon dan ligamen yang bersifat merusak. Pada akhirnya akan berubah jadi batu.

5. Manusia Es

Ilustrasi

Sebagai manusia normal pasti kita bisa merasakan dingin, namun tidak bagi pria asal Jerman bernama Wim Hof ini yang tidak bisa merasakan dingin.

Menurut laporan ABC News, pria berusia 48 tahun yang dijuluki sebagai “Manusia Es” itu mampu bertahan dan bahkan berkembang dalam suhu yang sangat dingin di mana kebanyakan orang tidak akan bisa bertahan.

Untuk membuktikan semuanya itu, Hof melakukan perjalanan sejauh 100 mil dari sebelah utara Lingkar Kutub Utara dengan kaki telanjang pada tahun 1999 silam. Dan pada tahun 2002, ia berenang di dalam air es di Kutub Utara. Namun prestasi yang luar biasa bagi Hof adalah ketika mendaki Gunung Everest sambil mengenakan celana pendek tanpa baju.

4. Alergi Terhadap Air

Ilustrasi

Ashleigh Morris, dari Melbourne, Australia menderita kelainan kulit langka yang disebut Aquagenic Urticaria.

Kondisi itu bisa menyebabkan kulit Morris mudah luka dan kesakitan kalau terkena air. Jadi intinya ia tidak bisa mandi, berenang. Bahkan kalau terkena keringat saja, kulit Morris bisa mengeluarkan benjolan-benjolan merah yang gatal. Agar tetap bersih, Morris mengambil waktu mandi hanya satu menit saja.

3. Tidak Bisa Berhenti Cegukan

Ilustrasi

Cegukan biasanya terjadi setelah makan atau minum terlalu banyak dan itu hanya bersifat sementara. Bayangkan kalau seadainya cegukan terjadi sepanjang hari selama bertahun-tahun?

Seorang musisi dari Lincoln bernama Chris Sands selalu cegukan sepanjang harinya setidaknya satu kali setiap dua detik, dan bahkan ketika ia tidur. Tidak ada cara yang bisa menyembuhkan cegukan yang dialami Chris walaupun dengan minum sebanyak mungkin dan berbagai macam terapi.

Menurut BBC News, Chris tidak mampu mengemudi, makan atau tidur dengan benar, dan ia sudah cegukan hampir 20 juta kali. Namun ketika ia melakukan operasi di mana tumor bersarang di otaknya, cegukan Sands berhasil disembuhkan.

2. Alergi Terhadap Teknologi

Ilustrasi

Seorang bernama Debbie Bird menderita kelainan yang terbilang aneh dan langka, di mana ia alergi terhadap teknologi.

Jadi kalau Bird dekat-dekat dengan perangkat elekromagnetik seperti handphone, televisi, microwave, komputer dan bahkan mobil, maka tubuh Bird akan terasa kesakitan dan bahkan sampai bengkak.

1. Mayat Berjalan

Ilustrasi

Cotard Dleusion, atau juga disebut sindrom mayat berjalan merupakan kondisi yang sangat langka yang menyebabkan orang penderita sindrom ini untuk bangun suatu hari dan mengira dirinya telah mati.

Sindrom ini dapat menyebabkan depresi mental dan penderita merasa seolah-olah telah kehilangan segala sesuatu yang penting, seperti harta dan organ tubuh. Khayalan yang dihasilkan akibat sindrom ini juga begitu parah sehingga membuat penderita mengklaim bahwa mereka bisa mencium bau busuk kulitnya sendiri.

Biasanya kondisi seperti ini disebabkan oleh cedera otak, dan sayangnya gangguan ini dapat menyebabkan penderita melakukan bunuh diri tanpa disengaja.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%