in

6 Pemimpin Paling Kejam dalam Sejarah Dunia

Dalam suatu kekuasaan, pemimpin memerankan peranan penting dalam hal menjalankan struktur organisasinya. Pemimpin juga dituntut untuk memiliki sikap tegas dan bijak dalam hal mengambil keputusan untuk mencapai tujuan yang ingin diraihnya.

Sepanjang sejarah, ada banyak pemimpin dunia yang memiliki sikap diktator dan sangat kejam. Mereka tak tangung-tanggung membunuh jutaan orang untuk mencapai tujuan yang ingin diraihnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Wow Menariknya rangkum beberapa pemimpin paling kejam yang pernah tercatat dalam sejarah dunia.

Loading...

6. Adolf Hitler

(foto: rawstory.com)

Sudah tak heran kalau pemimpin Nazi ini masuk dalam daftar pemimpin paling kejam sepanjang sejarah dunia. Adolf Hitler pernah melakukan kejahatan terbesar di planet ini termasuk melakukan pembunuhan 11 juta orang yang kebanyakan di antara mereka adalah kaum Yahudi. Selain itu ia adalah salah satu pemimpin yang menyebabkan meletusnya Perang Dunia II.

5. Joseph Stalin

(foto: uniqpost.com)

Joseph Stalin adalah seorang pemimpin Uni Soviet dan seorang diktator yang sangat lalim. Pria yang terkenal dengan julukan ‘Manusia Baja’ ini memiliki peranan penting untuk mengakhiri Perang Dunia II. Meskipun demikian, namun Joseph tetap bertanggung jawab atas rusaknya demokrasi dan hilangnya jutaan nyawa orang. Lebih dari 20 juta orang meninggal di kamp kerja paksa ‘Gulags’.

4. Pol Pot

(foto: niod.nl)

Selama masa pemerintahannya sebagai pemimpin Kamboja pada tahun 1975 sampai 1979, ia menjadi salah satu pemimpin yang melakukan genosida. Dia juga yang menyebabkan pembunuhan, kelaparan, dan kerja paksa yang berakibat kematian bagi 2 juta warga Kamboja.

3. Idi Amin

(foto: biography.com)

Idi Amin adalah presiden ketiga Republik Uganda yang diktator dan bertanggung jawab atas kematian seperempat juta orang. Selama masa pemerintahannya, ia melakukan korupsi besar-besaran, eksekusi tidak beralasan, eksekusi berdasarkan etnis dan penyiksaan.

2. Augusto Pinochet

(foto: politico.com)

Augusto Pinochet adalah seorang diktator sekaligus seorang Jenderal yang pernah berkuasa di Chili pada periode 1973-1990. Selama tiga tahun pemerintahannya, ia pernah memerintahkan penangkapan dan penyiksaan terhadap 100 ribu lawannya.

1. Francois Duvalier

(foto: msn.com)

Pemimpin yang memerintah Haiti selama periode 1957 sampai 1971 ini pernah melakukan pembunuhan secara brutal kepada lebih dari 30.000 orang. Bahkan beberapa pejabat intelejen melarikan diri dari negara itu karena takut disiksa.