in

5 Tips Agar Belanja Online Berjalan Lancar Bagi Pemula

Ilustrasi belanja online

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, berbagai hal bisa dilakukan dengan sangat mudah termasuk dalam hal berbelanja. Sekarang sudah ada yang namanya belanja online yang memungkinkan orang hanya melakukan transaksi lewat bank atau semacamnya dan menunggu barangnya sampai.

Meskipun sangat mudah dan lebih praktis, belanja online juga memiliki risiko yang cukup besar, salah satunya kualitas barang yang tidak menentu dan bisa saja terjadi sebuah penipuan. Untuk yang sudah terbiasa dengan belanja online mungkin masalah seperti itu bisa diantisipasi, namun bagi pemula beberapa hal harus diperhatikan sebelum mulai belanja online.

Nah, bagi Anda yang ingin mulai berbelanja online dengan lancar dan aman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut Wow Menariknya sajikan beberapa tips untuk pemula yang ingin berbelanja online.

5. Perhatikan situs web tempat Anda berbelanja

Ada banyak situs web yang menawarkan jasa penjualan barang beserta dengan jasa pengirimannya. Namun, belum tentu situs web tersebut menjamin barang yang akan dibeli sampai ke tangan konsumen. Jadi Anda harus pandai memilih situs web jual beli online yang terpercaya.

Hal itu bisa mulai Anda lakukan dengan melakukan pencarian di Google atau mesin pencari lainnya tentang situs web tempat Anda berbelanja. Jika banyak keterangan yang meragukan atau tidak ada bukti konsumen yang terpecaya, sebaiknya Anda beralih ke situs web lainnya yang lebih terpecaya.

4. Perhatikan deskripsi produk yang akan dibeli

Sebelum Anda memilih suatu produk untuk dibeli, sebaiknya Anda perhatikan dulu deskripsi produk tersebut. Coba lihat apakah deskripsi itu sesuai dengan foto produk tersebut atau hanya mengada-ngada saja. Jika ada barang bermerek yang diberi potong harga yang cukup besar, sebaiknya Anda harus mulai curiga.

3. Jangan mudah memilih produk

Kesabaran dan ketelitian saat memilih produk yang akan dibeli itu sangat penting. Anda tidak bisa melihat produk yang akan dibeli dari fotonya saja, itu mungkin saja tipuan belaka. Seperti yang sudah disebutkan, perhatikan deskripsi, merek, dan harga produk yang hendak dibeli.

2. Periksa harga

Memperhatikan harga barang dan ongkos kirim juga sangat penting Anda perhatikan. Pasalnya dari situs web dengan situs web lainnya mungkin saja memiliki harga yang berbeda. Jadi Anda harus pandai-pandai mempertimbangkan jumlah harga antara satu situs web dengan situs web lainnya. Lumayan buat menghemat dompet Anda.

1. Pilih metode pembayaran yang tepat

Jika sudah memilih produk yang akan dibeli, sebaiknya Anda mulai memperhatikan metode pembayaran yang akan dilakukan. Biasanya banyak pembeli online lebih memilih kartu kredit, karena dengan pembayaran kartu kredit, Anda memiliki bukti yang kuat bahwa Anda sudah melakukan transaksi. Jadi jika barang tidak diantar sesuai pesanan, Anda bisa melaporkannya ke pihak berwenang atau langsung menghubungi Customer Service situs web tempat Anda berbelanja.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%