in

10 Benda Paling Mahal yang Pernah Dijual di eBay

Ketika seseorang ingin menjual sesuatu untuk mendapatkan uang dengan cepat, eBay merupakan pilihan yang tepat. Situs web lelang daring itu memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk menjual atau membeli barang dan jasa.

Sejak didirikan pada tahun 1995, eBay semakin berkembang pesat dan sekarang situs web ini menjadi salah satu bisnis multi milliar dolar yang beroperasi lebih dari 30 negara di seluruh dunia.

Meskipun biasanya benda yang dijual di eBay cukup sederhana, tetapi ada juga benda-benda aneh dan mewah dengan harga yang sangat mahal yang pernah dijual di eBay. Berikut 10 benda paling mahal yang pernah dijual di eBay, seperti dikutip The Richest.

10. Nyawa – USD 309,292 (Rp 3,6 milliar)

(foto via: mirror.co.uk)

Biasanya yang dijual di eBay adalah barang-barang atau benda mati, berbeda dengan pria berusia 40 tahun ini yang menjual “nyawanya” di eBay pada tahun 2008 silam. Pria bernama Ian Usher itu menghargai nyawanya di eBay seharga USD 309,292 atau sekitar Rp 3,6 milliar.

Mungkin kamu penasaran kenapa pria itu nekat menjual nyawanya sendiri? Tak lain ia mengalami kehidupan yang sangat sulit, apalagi setelah perceraian dengan istrinya yang semakin membuat ia depresi.

Tak hanya memposting nyawanya di eBay, ia juga mengumumkan bahwa nyawanya juga dijual di website miliknya.

9. Tongkat Baseball Shoeless Joe – USD 577,610 (Rp 6,7 milliar)

(foto via: notinhalloffame.com)

Seorang pemain baseball abad ke-20 bernama Shoeless Joe merupakan pemain baseball yang cukup terkenal. Namun ia semakin terkenal lagi setelah skandal Black Box, di mana ia dan para pemain White Sox lainnya diduga melakukan suap pada 1919 World Series.

Pada tahun 2001, Joe kembali bikin heboh, di mana ia menjual tongkat baseball-nya dengan julukan ‘Black Basty’ di eBay seharga USD 577,610 (Rp 6,7 milliar). Tongkat sepanjang 36 inch itu terbuat dari kayu pohon hickory dan noda hitam tembakau.

8. Ferrari Enzo – USD 1 juta (Rp 11,7 milliar)

(foto via: ridelust.com)

Supercar yang satu ini tidak hanya sebuah mobil sport paling keren dan cepat di pasaran, tetapi juga mobil sport paling langka. Di dunia ini mungkin hanya ada 399 unit Ferrari Enzo, dan hanya bisa dimiliki oleh orang yang berdompet tebal.

Jadi, ketika Ferrari Enzo dilelang di eBay pada tahun 2004 silam, harga untuk mobil sport ini tentu sangat mahal. Pada akhirnya, lelang dimenangkan oleh orang Swiss dengan harga USD 1 juta (Rp 11,7 milliar).

7. Kartu Baseball Honus Wagner – USD 1,1 juta (Rp 12,9 milliar)

(foto via: nydailynews.com)

Pemilik nama lengkap Shortstop Honus Wagner ini adalah salah satu pemain baseball paling populer di awal abad ke-20. Dia dilantik ke dalam ‘Hall of Flame’ bersama dengan Babe Ruth setelah berhasil membawa Pirates ke World Series sebanyak dua kali.

Salah satu perusahaan, American Tobacco Company mulai mencetak Wagner pada kartu baseball yang dijual dalam paket sebuah rokok. Namun, Wagner memprotes pencetakan kartu ini dan menyuruh pihak perusahaan untuk menghentikan produksi kartu dirinya.

Akibatnya hanya ada 200 kartu Wagner yang tersebar di masyarakat dan membuatnya menjadi benda berharga yang sangat langka. Jadi, ketika kartu Wagner dijual di eBay pada tahun 2000, membuat benda ini menjadi salah satu benda paling mahal yang pernah di jual di eBay.

Tak tangung-tanggung, seorang penggemar baseball bernama Brian Seigel rela mengeluarkan uang sebesar USD 1,1 juta hanya untuk sebuah kartu.

6. Kota Bridgeville – USD 1,77 juta (Rp 20,8 milliar)

(foto via: omicrono.com)

Sebuah mobil mungkin terlihat cukup besar untuk dijual secara online, lalu bagaimana dengan sebuah kota. Mungkin kamu tidak percaya bahwa di eBay pernah ada yang menawarkan sebuah kota dengan harga yang fantastis.

Kota seluas 83 acre ini memang sangat kecil dengan hanya 8 rumah, kantor pos, kafe dan hanya ada 30 warga yang mendiami kota tersebut.

Awalnya, keluarga Lapple membeli Kota Bridgeville, yang terletak di California ini pada tahun 1973. Namun pada tahun 2002, mereka memutuskan untuk pindah dan akan menjual kota tersebut di eBay.

Pada akhirnya, kota itu berhasil terjual dengan tawaran tertinggi sebesar USD 1,77 juta (Rp 20,8 milliar). Pemenang lelang berencana membuat kota ini lebih dari sebelumnya. Namun sayang pemilik baru itu terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan memutuskan untuk menjual kembali kota tersebut.

5. Rumah dengan Bunker – USD 2,1 juta (Rp 24,7 milliar)

(foto via: nydailynews.com)

Realtors Gregory Gibbons dan Bruce Francisco memutuskan untuk membeli sebuah pangkalan rudal tua. Hingga akhirnya mereka memiliki ide untuk mengubahnya menjadi ruang bawah tanah yang aman dengan rumah di atas permukaan tanah.

Terletak di Pegunungan Adirondack di bagian utara New York, proyek bunker bawah tanah ini diharapkan menjadi tempat perlindungan yang sangat aman. Gibbons dan Francisco juga berharap rumah dengan bunker bawah tanah ini akan banyak ditawar oleh keluarga kaya raya.

Jadi, mereka memutuskan untuk menjualnya di eBay dan menghargai rumah dengan bunker itu seharga USD 18 juta. Namun pada akhirnya rumah dengan bunker bawah tanah itu terjual dengan harga USD 2,1 juta.

Rumah dengan bunker ini juga diharapkan bisa menahan berbagai bencana alam atau perang. Namun ketahanan bunker itu masih belum terbukti.

4. Kota Albert – USD 2,5 juta (Rp 29,4 milliar)

(foto via: blogspot.com)

Selain Kota Bridgeville di California yang pernah dijual di eBay, Kota Albert di Texas juga pernah dijual di eBay pada tahun 2003 silam. Seorang makelar asuransi bernama Bobby Cave membeli kota tersebut seharga USD 216,000 dan kemudian dijual kembali di eBay seharga USD 2,5 juta.

Meskipun sangat kecil dnegan populasi hanya lima orang, kota ini terkenal karena sejarahnya. Presiden Ranch Trail pernah singgah di kota ini.

3. Makan siang dengan Warren Buffett – USD 2,6 juta (Rp 30,5 milliar)

(foto via: nydailynews.com)

Maukah Anda menghabiskan uang sebesar Rp 30,5 milliar hanya untuk makan siang dengan seorang pembisnis? Mungkin kamu akan langsung menolaknya mentah-mentah.

Namun pada tahun 2010, seorang pengguna eBay yang tidak diketahui identitasnya, menawarkan harga sebesar USD 2,6 juta untuk makan siang dengan Warren Buffet. Tak lain tujuan Warren dari uang itu adalah untuk memberi makan orang yang kelaparan.

2. Gulfstream II – USD 4,9 juta (Rp 57,6 milliar)

(foto via: c74.net)

Pada tahun 2001, salah satu vendor pesawat bisnis, Tyler Jet memasukan salah satu pesawat Gulfstream II untuk dilelang di eBay. Jet pribadi mewah dengan 12 kursi mewah itu menawarkan berbagai macam fitur penerbangan mewah dan baru.

Salah satu perusahaan charter yang berbasis di Afrika memenangkan lelang jet mewah itu dengan harga sebesar USD 4,9 juta.

1. Gigayacht (Kapal Pesiar) – USD 168 juta (Rp 1,97 triliun)

(foto via: wikimedia.org)

Salah satu barang yang paling mahal yang pernah dijual di eBay sampai sekarang adalah Gigayacht yang dirancang oleh Frank Mudler. Tak tangung-tanggung, seorang miliarder asal Rusia bernama Roman Abramovich, membeli kapal pesiar mewah itu dengan harga USD 168 juta pada tahun 2006.

Kapal pesiar dengan panjang 405 meter ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah seperti kabin tamu, kabin anak-anak, gym, bioskop, spa, lift, dan bahkan landasan helikopter.

Loading...