in

Selain di Indonesia, Tradisi Mudik Juga Ada di Lima Negara Ini

(foto via: nefosnews.com)

Menjelang Idul Fitri, tradisi mudik sudah tak asing lagi di Indonesia. Jutaan masyarakat Indonesia melakukan mudik untuk pulang ke kampung halaman agar mereka bisa kumpul dan lebaran bareng bersama keluarga.

Mengingat Indonesia adalah negara dengan mayoritas Islam terbesar di dunia, sudah pasti fenomena mudik di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia.

Meskipun mudik lebih identik dengan tradisi orang muslim, namun mudik juga dilakukan menjelang peryaan agama lain.

Selain di Indonesia ternyata fenomena mudik juga ada di beberapa negara walaupun negara tersebut bukan negara Islam atau negara dengan penduduk muslim terbanyak. Berikut 10 negara yang melakukan tradisi mudik selain Indonesia yang sudah Wow Menariknya kumpulkan untuk Anda.

5. Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara lain yang melakukan mudik menjelang Idul Fitri. Tradisi mudik di negara tetangga ini dikenal dengan nama “balik kampong”. Tradisi balik kampong di Malaysia biasanya dilakukan oleh orang-orang yang merantau ke kota untuk bekerja.

4. China

Di China tercatat ada sekitar 18 juta jiwa yang beragama muslim menurut catatan resmi beberapa tahun lalu. Dan kemungkinan besar penduduk muslim di China akan semakin bertambah lagi. Jadi tak heran kalau yang namanya mudik juga ada di negara ini walaupun tak sebesar di Indonesia.

Mudik juga kerap dilakukan penduduk China saat menjelang tahun baru Imlek dengan tujuan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

3. India

Setiap tahun warga di India pulang ke kampung halaman untuk merayakan upacara dalam agama Hindu di India atau lebih dikenal dengan sebutan Festival of Lights.

Selain itu, warga muslim di India juga berbondong-bondong pulang ke kampung halaman menjelang Idul Fitri. Mereka juga melakukan hal yang sama seperti yang ada di Indonesia, seperti bersalam-salaman, membagikan sedekah atau saling mengirimkan makanan.

2. Pakistan

Fenomena mudik di Pakistan juga tidak jauh dari Indonesia dimana jutaan penduduk Pakistan ramai-ramai pulang ke kampung halaman. Sama halnya juga dengan Indonesia yang selalu mengerahkan ribuan polisi untuk memantau lalu lintas selama mudik, di Pakistan pun juga sama melakukan hal itu demi kelancaran para pemudik.

1. Arab Saudi

Di Arab Saudi, mudik biasanya dilakukan saat menjelang Idul Fitri dan Idul Adha. Bagi orang yang kebagian menerima tamu, mereka akan berlomba-lomba menyajikan makanan lezat dan menata rumah mereka seindah mungkin. Sedangkan bagi yang mudik, mereka juga pasti tak sabar ingin cepat sampai di kampung halaman.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%