in

Ingin Kuat Puasa Seharian, Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur

(foto: Shutterstock)

Makanan yang kita konsumsi saat sahur sangat berpengaruh besar dalam hal menjaga stamina tubuh saat sedang berpuasa. Jika makanan yang dikonsumsi tidak memiliki nilai gizi yang baik, maka tubuh Anda akan mudah lemas dan cepat lelah.

Agar Anda tetap fit dan kuat berpuasa seharian meskipun banyak kegiatan yang dikerjakan, cobalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini saat sahur. Berikut makanan-makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur.

Loading...

5. Sup

Sup dipercaya bisa menahan rasa lapar dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu sup lebih sehat dibandingkan dengan makanan lainnya karena banyak terdapat sayuran hijau yang memiliki nilai gizi yang tinggi.

Sup sayuran ditambah dengan nasi sudah cukup memberikan asupan energi untuk tubuh Anda agar tetap kuat berpuasa seharian.

4. Susu

Jika Anda sudah selesai makan sahur jangan lupa untuk meminum segelas susu segar. Susu kaya akan protein yang dapat memberikan energi yang banyak untuk Anda. Dan juga susu bisa menahan rasa lapar Anda dalam waktu yang cukup lama.

3. Kurma

Kurma kaya akan serat dan karbohidrat yang dipercaya bisa menahan rasa lapar Anda. Kandungan serat dalam kurma juga bisa membantu Anda mengatasi sembelit yang sering dialami orang ketika sedang berpuasa.

Dua atau tiga biji kurma saat sahur sudah cukup membuat Anda merasa kenyang. Rasulullah SAW juga selalu mengkonsumsi kurma saat sahur dan ketika berbuka agar stamina tubuhnya tetap terjaga.

2. Air putih

Air putih harus selalu ada ketika sahur atau berbuka. Banyak orang yang meremehkan kemampuan air putih dan terkadang melupakan untuk minum air putih saat sahur. Padahal minum air putih sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak terhidrasi saat sedang menjalankan puasa.

1. Nasi

Sudah pasti nasi selalu ada dalam menu makanan sahur ataupun ketika berbuka. Tapi beberapa orang ada yang lebih memilih mengkonsumsi mie instan saat sahur atau makanan lainnya tanpa melibatkan nasi. Itu sangat tidak baik untuk tubuh karena nasi bisa memberikan asupan karbohidrat dan energi yang banyak untuk tubuh kita.

Loading...