in

Dokter Cabut 232 Gigi dari Remaja Asal India, Apa Alasannya?

(foto: Imtiyaz Shaikh/Anadolu Agency via news.com.au)

Seorang remaja berusia 17 tahun asal Buldhana, India bagian barat, harus mencabut giginya sebanyak 232 setelah dokter menemukan ada kelainan aneh pada bagian rahang remaja itu.

Dokter gigi menemukan pada rahang remaja bernama Ashik Gavai itu sebuah kelainan langka dimana ratusan gigi seukuran marmer kecil tumbuh di dalam gigi yang menyebabkan rahang bagian kanan Ashik jadi bengkak.

Loading...

“Awalnya, itu tidak begitu jelas, jadi kami memutuskan untuk melakukan operasi pada hari Senin,” kata Dr Sunanda Dhivare-Palwankar, kepala departemen rumah sakit gigi, kepada India Times.

Para dokter mulai menghitung satu per satu gigi yang sudah dicabut dari mulut Ashik. Dan pada hitungan terakhir, jumlah gigi yang sudah dicabut oleh dokter mencapai 232 gigi yang memiliki ukuran sebesar mutiara kecil.

Operasi itu memakan waktu tujuh jam untuk mencabut ratusan gigi kecil yang tumbuh dalam mulut Ashik. Menurut Dr Dhivare, ini merupakan yang pertama kalinya ia melihat sesuatu yang seperti ini.

Kelainan yang diderita remaja itu diduga setelah Ashik kehilangan gigi susunya. Dokter juga menyebutkan bahwa kelainan ini sejenis tumor, tapi jinak.

Loading...