in

5 Kota yang Hancur Karena Bencana Alam

(foto: The Richest)

Sepanjang sejarah ada banyak bencana alam dalam skala besar yang pernah menghancurkan beberapa tempat di dunia. Bahkan karena bencana alam tersebut, beberapa tempat itu sekarang hanya tinggal kenangan.

Berikut 10 kota yang pernah hancur karena bencana alam, seperti dilansir The Richest.

5. Sodom dan Gomora

Loading...
(foto: wikipedia.org)

Salah satu kisah yang paling terkenal dalam Kitab Perjanjian menceritakan dua kota kuno, Sodom dan Gomora yang hancur karena api dan belerang. Menurut catatan Wikipedia, dua kota besar ini dihancurkan oleh Allah dengan cara menurunkan hujan api dan belerang dari langit karena dosa-dosa penduduk Sodom dan Gomora.

Meskipun demikian, beberapa arkeolog masih tidak setuju dengan peristiwa api dan belerang yang menghancurkan dua kota itu. Beberapa ilmuan lebih percaya bahwa asteroid yang menghancurkan kota tersebut.

4. Thonis (Heracleinon), Mesir

(foto: dailymail.co.uk)

Heracleinon atau juga dikenal dengan nama Thonis merupakan kota menakjubkan yang terletak di Mesir kuno. Berbicara tentang kota ini, kita harus kembali kembali ke abad 12 SM, dimana kota ini memiliki pelabuhan paling penting di dunia kala itu.

Namun pada abad 6-7 SM, kota indah itu ditelan air dan tenggelam. Para peneliti percaya bahwa kota itu benar-benar tenggelam dalam air karena banjir dan gempa. Setelah lama menghilang dan terlupakan, kota itu kembali ditemukan oleh arkeolog Prancis, Franck Goddio, dengan barang bukti berupa rerntuhan.

3. Iram of the Pillars / Ubar

(foto: blogspot.com)

Selama ini kota yang dipanggil dengan nama Iram atau Ubar hanya dianggap mitos. Namun lokasi kota ini benar-benar ada, hal itu dibuktikan oleh Al-Qur’an, Kitab Seribu Satu Malam, dan dalam tulisan-tulisan Ptolemy.

Pada tahun 1992, satelit NASA melihat jaringan jalan yang mengarah ke tempat di Jazirah Arab atau sekarang Oman. Tempat itu ternyata memiliki sebuah lubang berair yang terletak di padang pasir yang luas. Lubar air itu dikelilingi oleh benteng berbentuk segi delapan dengan beberapa menara di setiap sudut benteng.

Selama ribuan tahun, kota itu menjadi jalur perdagangan yang ramai dikunjungi. Namun semakin lama, penduduk di sana menggunakan air dalam lubang itu hingga habis. Banyak yang percaya bahwa cekungan yang sudah tidak berair itulah yang menyebabkan permukaan tanah runtuh ke dalam sinkhole (lubang dalam ukuran raksasa) yang memusnahkan seluruh kota.

2. Helike, Yunani

(foto: helikeproject.gr)

Helike adalah kota Yunani kuno yang tenggelam ke dalam laut setelah gempa besar yang menyebabkan tsunami dahsyat pada 373 SM. Kota ini merupakan pusat budaya dan agama yang sangat kaya.

Namun pada musim dingin tahun 373 SM, hal-hal aneh mulai terjadi di kota ini seperti kolam api yang tiba-tiba muncul dan hewan-hewan tiba-tiba melarikan diri. Ternyata itu adalah pertanda gempa besar yang menghancurkan kota tersebut. Tak lama setelah gempa terjadi, kota itu tenggelam ke dalam laut. Dikatakan akibat bencana alam itu semua penduduk Helike tewas.

1. Pompeii, Italia

(foto: radiotimes.com)

Kisah kota Pompeii begitu terkenal dan sampai diceritakan kembali dalam sebuah film dengan judul yang sama. Kota yang berada pada zaman Romawi kuno ini hancur akibat letusan gunung Vesuvius pada 79 M.

Sebelum terjadi bencana, penduduk Pompeii sudah diperingatkan dengan tanda-tanda letusan. Kota itu sebelumnya hancur karena gempa sebelum letusan, dan semakin diperparah lagi setelah gunung Vesuvius meletus.

Tidak semua penduduk tewas akibat letusan itu, namun kerusakan yang ditimbulkan benar-benar sangat parah. Ketika para arkeolog kembali menemukan kota yang terlupakan ini, mereka menemukan barang-barang bukti berupa grafiti, seni patung, lukisan dinding dan bahkan jasad korban bencana yang terawetkan oleh abu vulkanik.