in

10 Tips Agar Mudik Kamu Berjalan Lancar dan Selamat

Ilustrasi mudik

Mudik sudah menjadi tradisi yang melekat pada sebagian masyarakat yang ada di Indonesia. Menjelang lebaran, mereka yang akan mudik sudah mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman dan lebaran bersama keluarga di sana.

Tak terasa lebaran tahun ini hanya tinggal sepekan lagi dan tentu banyak orang sudah mempersiapkan diri untuk melakukan mudik. Namun setiap tahunnya selalu banyak terjadi kecelakaan pengendara baik itu motor atau mobil yang memakan korban jiwa. Hal itu kebanyakan disebabkan oleh kondisi tubuh si pengemudi yang kurang terjaga atau human error.

Tentu setiap orang yang hendak mudik tidak ingin hal semacam itu dialaminya. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memperhatikan apa saja yang perlu disiapkan sebelum berangkat. Berikut Wow Menariknya menyajikan beberapa tips agar mudik kamu tahun ini berjalan lancar dan sampai di tujuan dengan selamat.

10. Berangkatlah lebih awal

Bagi Anda yang akan mudik, sebaiknya Anda harus segera berangkat ke kampung halaman dua pekan atau satu pekan sebelum lebaran tiba. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan yang parah yang bisa membuat Anda datang terlambat di kampung halaman.

9. Gunakan transportasi umum layak pakai

Bagi yang ingin mudik dengan menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, pesawat terbang atau kapal laut, sebaiknya Anda memperhatikan kondisi kendaraan yang akan Anda tumpangi. Perhatikan apakah kendaraan tersebut benar-benar dalam kondisi yang bagus dan layak pakai atau tidak.

Biasanya transportasi yang tidak layak pakai terlihat dari kondisi kendaraan yang sangat buruk seperti kenyamanan di dalam kendaraan tidak enak, berkarat, kondisi ban yang kurang baik dan masih banyak lainnya.

Untuk menghindari kecelakaan akibat kondisi kendaraan yang buruk sebaiknya Anda pandai-pandai memilih transportasi yang benar-benar layak pakai. Lebih baik mahal yang penting selamat!

8. Jaga kondisi kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting untuk Anda perhatikan sebelum berangkat mudik. Jangan sampai tubuh Anda sakit saat sebelum atau sedang dalam perjalanan mudik. Hal itu bisa membatalkan Anda untuk lebaran bersama keluarga.

7. Tidur yang nyenyak

Ini sangat penting bagi para pengemudi kendaraan pribadi yang akan mudik. Banyak kecelakaan yang terjadi dikarenakan si pengemudi mengantuk akibat kekurangan tidur. Oleh sebab itu banyaklah tidur sehari sebelum melakukan mudik utnuk menghindari kantuk saat mengemudi.

6. Lebih baik mudik di malam hari

Mau berangkat siang ataupun malam sebenarnya sama-sama saja. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau berangkat mudik saat malam hari, diantaranya kondisi jalanan yang lengang dan suhu udara yang dingin. Untuk itu kalau akan mudik saat malam hari, siapkan jaket hangat dan tidur yang cukup.

5. Hindari membawa barang secara berlebihan

Terkadang kita ingin memberikan sesuatu yang banyak saat tiba di kampung halaman. Namun justru membawa barang-barang dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kecelakaan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi para pengendara terutama motor. Bawalah barang yang dianggap ringan dan jangan terlalu banyak untuk menghindari kecelakaan atau kerepotan.

4. Periksa kendaraan Anda

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil, sebaiknya Anda perhatikan kondisi kendaraan Anda. Perhatikan beberapa hal penting seperti kondisi rem, oli, tekanan ban, lampu dan lainnya. Jika merasa sudah lengkap dan dalam keadaan yang baik baru Anda bisa berangkat.

3. Gunakan tempat peristirahatan

Biasanya saat musim mudik tiba, banyak posko didirikan di sepanjang jalan yang ramai dikunjungi para pemudik. Posko itu akan memberikan layanan seperti pijat, menyajikan makanan atau terapi kesehatan. Itu sangat penting untuk mengembalikan stamina para pemudik yang sudah lelah.

Jika Anda sudah merasa lelah atau kantuk saat mengemudi jangan sungkan untuk beristirahat dulu. Dan dapatkan beberapa pijat atau tidur sejenak untuk memulihkan stamina Anda. Kalau memaksakan diri, takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena tubuh sudah kelelahan.

2. Bekal makanan-makanan sehat

Kalau ingin menghemat uang saat mudik dan ingin tetap sehat, Anda bisa memulainya dengan membekal cemilan-cemilan sehat pengganjal perut. Dan hindari makanan yang mengandung minyak atau pedas berlebihan karena bisa membuat Anda sakit perut.

1. Lebih baik gunakan transportasi umum

Menggunakan transportasi umum sebenarnya lebih baik ketimbang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Hal itu dikarenakan transportasi umum sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh dan lebih berpengalaman. Apalagi kalau mudik tahun ini merupakan yang pertama kalinya, Anda lebih baik menggunakan transportasi umum.

Itulah beberapa tips yang sudah kami sajikan untuk mengurangi risiko terjadi kecelakaan saat mudik. Semoga mudik Anda tahun ini sampai di tempat tujuan dalam keadaan selamat yah.

Loading...