Wow

Tips Tetap Sehat Untuk Para Pengguna Komputer

Di zaman modern ini, sebagian banyak orang pasti menggunakan komputer untuk mempermudah segala jenis pekerjaan. Tapi, apakah kamu tahu terlalu lama di depan komputer bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh Anda?

Ilustrasi tetap sehat bagi pengguna komputer (foto: via envanto.com)

Ini bukan hanya untuk para pemain game online saja, tapi bagi siapapun yang pekerjaannya melibatkan penggunaan komputer memiliki risiko terkena gangguan kesehatan yang sama.

Karena tidak mungkin di zaman era digital ini kita tidak membutuhkan komputer, maka sebaiknya Anda mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Berikut beberapa tips agar tetap sehat bagi para pengguna komputer.

Mata Anda membutuhkan istirahat

Ketika Anda terus bekerja di depan monitor terlalu lama, mata Anda akan terasa tegang. Hal itu jika dibiarkan terlalu lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan mata dan bahkan kemampuan penglihatan mata Anda akan berkurang.

Jika mata Anda sudah terasa tegang atau lelah, sebaiknya Anda jangan memaksakan diri. Ambilah istrihat dan jangan melihat TV, handphone atau pekerjaan lainnya. Selain itu Anda harus memastikan bahwa Anda berkedip selama melihat monitor komputer.

Gunakan kursi yang empuk dan nyaman

Duduk terlalu lama saat di depan komputer bisa berdampak bagi kesehatan terutama pada bagian punggung. Banyak orang mengeluh karena sakit punggung setelah berlama-lama duduk di depan komputer.

Hal itu mungkin saja disebabkan oleh kursi duduk yang Anda gunakan tidak nyaman. Padahal seharusnya Anda menggunakan kursi yang bagus, nyaman,dan empuk. Dan juga pada bagian tempat bersandar di mana Anda duduk, itu juga harus nyaman dan empuk agar mencegah sakit punggung.

Jangan lupa makan

Terlalu asyik bermain komputer terkadang bisa membuat seseorang lupa makan. Meskipun kondisi perut sangat lapar, kalau sedang sibuk di depan komputer rasa lapar itu tidak akan terasa, sehingga membuat Anda lupa makan.

Oleh karena itu, Anda jangan pernah melupakan makan, sediakan cemilan sehat di dekat komputer tempat Anda bekerja. Sebelum bermain komputer Anda diharuskan makan nasi terlebih dahulu agar tubuh Anda mendapatkan energi.

Minum air putih

Kadang-kadang Anda merasa tidak haus meski sudah berlama-lama di depan komputr. Meskipun demikian, jangan pernah melewatkan untuk meminum segelas air putih. Hal itu bisa membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi akibat panas yang dikeluarkan komputer.

Bersantai sejenak

Saat sedang sibuk mengetik suatu pekerjaan, Anda dianjurkan untuk meluangkan sedikit waktu di kursi tempat Anda duduk. Ambilah santai beberapa menit tanpa melihat layar monitor untuk sementara. Anda bisa melakukannya sambil makan cemilan sehat dan minum air putih.

Tidur

Tidur sama pentingnya dengan makan dan minum, tubuh Anda membutuhkan istirahat setidaknya 8 jam sehari. Namun, banyak orang menyepelekan hal ini, kadang-kadang mereka tidur terlalu malam karena terlalu asyik atau sibuk main komputer.

Kalau kebiasaan seperti itu terus berlanjut, tak lama lagi tubuh Anda akan banyak mengalami gangguan kesehatan. Untuk mencegah hal itu, setidaknya Anda harus memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Biasanya waktu yang bagus untuk tidur adalah pukul 8 malam dan bangun pukul 4 pagi.

Imbangi dengan olahraga

Kebanyakan orang melupakan olahraga tubuh yang diperlukan setiap harinya karena terlalu fokus di depan komputer. Padahal para pengguna komputer lebih banyak meluangkan waktu di depan monitor dibandingkan dengan melakukan aktivitas lain.

Setidaknya Anda harus menggerakan tubuh, tidak perlu olahraga berat, cukup melakukan olahraga ringan seperti joging, peregangan, yoga atau lainnya. Lebih baik lagi Anda melakukannya di pagi hari di tempat yang sejuk dan bersih.

Baca Juga

Loading...

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2018 Wow Menariknya

To Top