Susah Buang Air Besar Atau Sembelit, Atasi Dengan 4 Cara Alami Ini

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya susah buang air besar atau sembelit. Tapi, sangat tidak wajar jika Anda terlalu sering mengalami sembelit. Ketika Anda susah buang air besar, perut terasa tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan pendarahan pada anus saat buang air besar.

(foto source: thehealthsite.com)

Untuk mengatasi susah buang air besar, berarti Anda harus tahu cara mengatasi masalah sistem pencernaan. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi masalah tersebut, seperti dilansir Vemale.com.

Loading...

4. Minum 8 Gelas Air Setiap Hari

Air memang komponen penting bagi tubuh kita. Masalah sembelit yang Anda alami bisa saja dikarenakan Anda kurang minum. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi 8 hingga 10 gelas air setiap harinya. Air akan membantu proses pencernaan, membuat tubuh terhindar dari dehidrasi dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Jika Anda merasa bosan dengan air putih, Anda bisa menggantinya dengan jus buah yang kaya akan serat. Agar kandungan serat dalam jus buah tetap terjaga, Anda harus membuatnya sendiri di rumah.

3. Banyak Makan Buah Dan Syaur Berserat

Serat memang memiliki pranan penting dalam proses pencernaan. Kebanyakan orang mengalami sembelit dikarenakan kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur. Mulai dari sekarang, masukan buah dan sayur dalam menu makanan Anda setiap harinya.

Semangka, melon, pepaya, pisang dan apel merupakan salah satu buah yang kaya akan serat.

2. Minum Kopi, Tapi Tidak Terlalu Dianjurkan

Kandungan kafein dalam kopi dapat menstimulasi otot-otot pencernaan untuk bekerja lebih cepat. Sehingga membuat seseorang yang minum kopi bisa buang air besar dengan mudah. Tapi, apakah minum kopi untuk mengatasi sembelit sehat bagi tubuh?

Para ahli kesehatan tidak merekomendasikan minum air tertentu untuk memancing buang air besar, seperti kopi, alkohol, soft drink atau teh. Jangan khawatir, Anda bisa menggantinya dengan cara membuat jus kismis alami yang kaya akan serat.

1. Gerakkan Tubuh

Tubuh yang aktif bergerak memungkinkan usus dalam tubuh menjadi sehat sehingga bisa mempermudah buang air besar. Biasakan tubuh Anda bergerak selama 10 menit setelah makan. Lebih baik lagi, Anda berjalan rutin setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Loading...