Tekno

Jepang Ciptakan Robot Pertama di Dunia yang Bisa Membaca Emosi Manusia

Jepang memang terkenal sebagai negara dengan teknologi yang maju terutama dalam industri robot. Sekarang salah satu perusahaan yang berbasis di Tokyo telah meluncurkan robot pertama di dunia yang bisa membaca emosi manusia.

(foto source: Daily Mail)

Operator seluler Softbank mengatakan robot yang bernama ‘Pepper’ ini akan mulai dijual di Jepang pada bulan Februari dengan harga 198,000 yen atau sekitar Rp 23 juta.

Robot yang tidak memiliki kaki ini menggunakan ‘mesin emosional’ dan kecerdasan buatan untuk mempelajari gerak tubuh, ekspresi dan nada suara manusia.

“Tujuan kami adalah untuk mengembangkan robot kasih sayang yang bisa membuat orang tersenyum,” kata Kepala Eksekutif Softbank, Masayoshi Son, seperti dilansir Daily Mail.

Robot Pepper putih ini memiliki tinggi 48 inci (121 cm) dan berat 28 kg. Robot ini juga tidak memiliki rambut, tapi memiliki dua bola mata mirip boneka dan layar panel yang tertempel di bagian dada robot ini. Selain itu, robot ini juga dilengkapi lebih dari selusin sensor, termasuk dua sensor ditangannya, tiga sensor di atas kepalanya, dan enam sensor laser serta tiga sensor bumper di dasarnya.

Pepper juga memiliki dua kamera dan empat mikrofon pada bagian kepalanya serta memiliki WiFi dan kemampuan jaringan ethernet.

Robot ini dikembangkan bersama-sama dengan Aldebaran Robotics, yang merancang, memproduksi dan menjual robot humanoid autonomous.

Baca Juga

Loading...

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2018 Wow Menariknya

To Top