5 Tips Agar Tidak Malas Bangun Saat Sahur

(foto: Gizmodo.com)

Banyak orang yang mengalami masalah bangun pagi saat waktu makan sahur tiba. Bahkan beberapa dari mereka memutuskan untuk lebih memilih tidur lagi ketimbang makan sahur. Padahal makan saat sahur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa seharian penuh.

Agar tidak malas bangun tidur saat waktu sahur tiba, coba ikuti beberapa tips berikut ini yang sudah kami rangkum untuk Anda spesial di bulan Ramadhan tahun ini.

Loading...

5. Jangan tidur larut malam

Sebagain besar orang malas bangun pagi karena waktu tidurnya yang terlalu malam. Kalau tidur terlalu larut malam maka tubuh Anda merasa masih lelah meskipun waktunya bangun. Hal itulah yang membuat orang malas bangun pagi.

Oleh karena itu, Anda harus mengatur jadwal tidur jangan sampai waktu tidur yang dibutuhkan setiap harinya kurang. Dengan tidur lebih awal, maka Anda bisa bangun di pagi hari dengan keadaan bugar dan bersemangat.

4. Nyalakan Alarm

Jika Anda masih mengalami kesulitan bangun tidur saat sahur tiba, Anda bia menggunakan alat bantu seperti alarm. Atur waktu alarm Anda saat waktu sahur tiba dan ketika alarm itu berbunyi Anda harus langsung bangun jangan mematikan alarm dan tidur lagi.

3. Cuci muka

Ketika sudah bangun tapi Anda masih merasa kantuk dan malas, segeralah mencuci muka untuk menghilangkan rasa kantuk itu. Air yang segar dapat membantu menghilangkan rasa kantuk dan membuat Anda segar kembali.

2. Konsumsi makanan sehat sebelum tidur

Mendapatkan tidur yang nyenyak adalah kunci agar Anda dapat bangun di saat waktu sahur tiba Namun banyak orang mengalami masalah dalam hal mendapatkan tidur nyenyak, hal itu biasanya terjadi karena jadwal tidur yang tidak teratur.

Untuk mendapatkan tidur nyenyak, jangan dulu menggunakan obat pembantu tidur karena tidak terlalu baik untuk kesehatan. Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan sehat pembantu tidur seperti pisang, susu hangat, oatmeal, almond dan masih banyak lainnya.

1. Minta bantuan pada teman

Jika masih saja merasa kesulitan bangun saat sahur tiba, coba minta bantuan sama teman yang sudah terbiasa bangun pagi. Mintalah sama dia untuk mengingatkannya bangun bisa lewat sms, bbm, atau telepon.

Itulah beberapa tips yang semoga bisa membantu Anda agar tidak malas bangun saat waktu makan sahur tiba. Jangan sampai kesehatan tubuh Anda menurun walau berpuasa seharian.

Loading...