in

10 Manfaat Menakjubkan Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Buah alpukat memang disukai banyak orang karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini lebih sering diolah menjadi jus alpukat supaya menambah rasa yang enak dan lembut

Alpukat

Alpukat juga dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat di planet ini karena mengandung lebih dari 25 nutrisi termasuk vitamin A, B, C, E, dan K. Untuk lebih lanjutnya mengenal manfaat alpukat bagi kesehatan, simak 10 manfaat buah alpukat bagi kesehatan berikut ini, yang dilansir dari beberapa sumber.

10. Mencegah kanker payudara

Alpukat diibaratkan seperti minyak zaitun yang kaya akan asam oleat yang telah terbukti bisa mencegah kanker payudara menurut beberapa penelitian.

9. Meningkatkan kesehatan mata

Buah alpukat mengandung banyak lutein karotenoid dibandingkan dengan buah lainnya. Lutein ini menawarkan perlindungan terhadap penyakit mata termasuk katarak dan degenarasi makula.

8. Menjaga kesehatan jantung

Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine. Jika kadar homoscysteine terlalu tinggi maka bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Menurunkan kadar koleseterol

Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-Sitosterol yang telah terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah studi, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang memasukan alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki penurunan kolesterol sebesar 17 persen.

6. Mengatur kadar gula darah

Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat bisa membalikan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Alpukat juga mengandung serat larut yang menjaga darah tetap stabil.

5. Mencegah cacat lahir

Alpukat sangat baik bagi ibu hamil karena bisa mencegah bayi terlahir dengan kondisi cacat. Alpukat kaya akan asam folat yang sangat penting dalam pencegahan cacat lahir. Setiap satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% folat.

4. Mengurangi risiko stroke

Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga dapat mengurangi risiko terkena stroke. Sebuah studi menunjukan bahwa orang yang diet dengan makanan yang kaya akan folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak sama sekali.

3. Anti penuaan

Selain untuk kesehatan tubuh, alpukat juga bisa mencegah gejala penuaan. Hal itu dikarenakan alpukat kaya akan glutation yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan membuat sistem saraf jadi lebih sehat.

2. Melawan radikal bebas

Selain memperlambat penuaan, glutation dalam alpukat yang berperan sebagai antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

1. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Makan buah alpukat dikaitkan dengan penyerapan gizi yang meningkat. Sebuah studi menunjukan bahwa, ketika peserta makan salad termasuk alpukat, mereka menyerap lima kali jumlah karotenoid, kelompok nutrisi yang mengandung beta karoten dan Icyopene.

Loading...