in

4 Kebiasaan Sehat Ini Harus Anda Terapkan Setiap Bangun Pagi

Melakukan kebiasaan sehat sesudah bangun pagi sepertinya sangat sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Beberapa lebih memilih tak melakukan apapun saat bangun, bahkan ada yang suka tidur lagi. Kebiasaan buruk seperti itu harus Anda coba hilangkan, karena tidak baik untuk kesehatan.

Ilustrasi bangun pagi (credit: claritymind)

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk saat bangun pagi, Anda bisa memulai dengan mengikuti kebiasan-kebiasaan sehat berikut ini.

4. Bersih-bersih

Loading...

Saat bangun, membereskan tempat tidur sepertinya sangat susah dilakukan untuk sebagian orang. Tempat tidur yang tidak dibereskan akan membuat kamar Anda mudah tercemar kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Oleh karena itu, saat bangun pagi coba bereskan tempat tidur Anda dan bersihkan bagian-bagian yang terlihat kotor. Setelah itu Anda bisa membereskan ruangan lainnya.

3. Olahraga

Sesudah bersih-bersih, Anda bisa melakukan olahraga. Tidak harus berat atau keluar jauh dari rumah, cukup di teras atau halaman rumah Anda dan lakukan olahraga ringan, seperti peregangan, push up, sit up dan lainnya.

Dan jangan lewatkan menghirup udara segar sambil olahraga. Hal itu sangat bagus untuk tubuh dan bisa membuat mood kamu jadi lebih baik.

2. Sarapan pagi

Terkadang ada orang yang rela melewatkan sarapan pagi hanya karena takut terlambat bekerja atau sekolah. Selain itu alasan kenapa banyak orang yang tak suka sarapan pagi yaitu nafsu makan yang kurang atau belum lapar. Padahal sarapan pagi merupakan sumber tenaga agar Anda bisa melakukan aktivitas di siang hari nanti.

Mulai dari sekarang biasakan sarapan pagi agar tubuh tetap terjaga dan bertenaga melakukan aktivitas di siang hari. Jika takut terlambat bekerja atau sekolah, maka jangan bangun terlalu siang sehingga tidak ada waktu untuk sarapan.

1. Mandi

Pada umumnya, setiap orang pasti mandi di pagi hari, tapi kadang beberapa orang melupakan tiga hal di atas. Ada yang mandi dulu lalu sarapan, ada juga yang mandi tapi tidak sarapan. Mandi adalah hal terakhir yang harus Anda lakukan di pagi hari. Setelah itu Anda bisa beraktivitas lagi dengan pikiran yang jernih dan tubuh segar.

Mandilah dengan bersih dan merata dari kepala sampai telapak kaki, dan lebih baik lagi, mandi di pagi hari itu dengan air dingin.