15 April 2014 Bulan akan Berwarna Merah Darah, Apakah Pertanda Bencana?

Fenomena menarik akan terjadi pada tanggal 14-15 April 2014 di mana gerhana bulan akan terlihat berwarna merah darah (Blood Moon) sebelum tengah malam. Tapi sayang, orang-orang mangaitkan fenomena indah ini dengan pertanda bencana. Sebelum mengetahui lebih lanjut mari kita simak dulu beberapa informasi penting seperti dilansir Space.com.

Copyright:  fantompowa.net

Gerhana bulan terjadi ketika posisi bumi berada di antara matahari dan bulan, di mana bulan tidak menerima cahaya matahari karena terhalang oleh bumi. Sebuah gerhana bulan berlangsung hanya beberapa jam seperti bulan perlahan mengorbit bumi.

Loading...

Gerhana yang akan terjadi pada pertengahan April itu akan menjadi yang pertama dari gerhana total dari 4 gerhana bulan berturut-turut. Berikut urutannya, 15 April 2014, 8 Oktober 2014, 4 April 2015 dan 28 September 2015.

Sementara itu, Bumi kita ini memiliki bayangan berwarna merah pada bagian tepi. Itulah alasan kenapa matahari ketika terbenam berwarna merah. Ketika sinar matahari sudah tersebar dengan melewati atmosfer bumi, warna lain dari spektrum akan dihapus.

Itulah beberapa informasi penting kenapa gerhana bulan nanti akan terlihat berwarna merah darah. Ini bukan soal pertanda bencana atau kiamat, melainkan fenomena yang amat luar biasa dan indah. Dan yang terpenting lagi fenomena Blood Moon merupakan kejadian normal dalam siklus tata surya.

Loading...