10 Kasus Pesawat Hilang Secara Misterius

Beberapa waktu lalu dunia sempat dihebohkan oleh hilangnya pesawat Malaysian Airlines MH370. Pesawat itu tiba-tiba hilang secara misterius dari pantauan radar dan hingga sekarang jejak pesawat itu masih belum ditemukan. Menurut beberapa pendapat ada yang mengatakan pesawat MH370 dibajak, dilain pihak ada yang mengatakan pesawat MH370 itu jatuh dan tenggelam di lautan.

Selain pesawat Malaysian Airlines MH370, sejarah juga mencatat beberapa kejadian hilangnya pesawat secara misterius. Berikut 10 kasus pesawat hilang secara misterius, seperti dilansir mirror dan KapanLagi.

10. Amelia Earhart hilang saat mengelilingi dunia

(Copyright: scholdastic.com)

Amelia Earhart yang merupakan wanita pertama yang terbang melintasi Atlantik menghilang secara misterius dekat Pulau Howland di Samudera Pasifik tengah pada 2 Juli 1937. Beberapa teori pun bermunculan kenapa pesawat yang ditunggangi Amelia menghilang secara misterius.

Beberapa orang mengatakan pesawat Amelia kehabisan bahan bakar dan jatuh ke laut, ada juga yang mengatakan bahwa Amelia adalah mata-mata untuk Franklin D Roosevelt dan kemudian ditangkap oleh Jepang.

Tak ada jejak pesawat yang ditemukan setelah pencarian yang sangat lama. Pada tahun 1939, Amelia Earhart dinyatakan meninggal dunia.

9. Perbangan 19 dan Misteri Segitiga Bermuda

(Copyright: history.com)

Pada 5 Desember 1945, lima pesawat milik AS hilang secara misterius di atas daerah Segitiga Bermuda. Hilangnya pesawat ini merupakan awal dari legenda Segitiga Bermuda yang kerap menjadi penyebab hilangnya beberapa pesawat hingga sekarang.

Sebuah misi pelatihan dari lima pesawat Navy Avenger, yang dipimpin oleh Charles Taylor, mulai lepas landas dari Fort Lauderdale, Florida. Sekitar satu jam setengah saat misi, pilot melaporkan bahwa mereka kebingungan dan tak bisa mengenali sesuatu yang ada di bawah mereka.

Mereka seolah berada di cuaca yang sangat buruk, tak bisa melihat tempat untuk mendaratkan pesawat. Hingga mereka terpaksa mendarat di laut. Akibatnya 14 penerbang dan awak meninggal dunia.

Yang lebih aneh lagi, sebuah pesawat yang dikirim untuk mencari pesawat latihan itu juga menghilang.

8. Star Dust dan Misteri Kode Morse

(Copyright: pbs.org)

Hilangnya BSAA Star Dust saat penerbangan dari Buenos Aires, Argentina ke Santiago, Chili, masih meninggalkan banyak misteri dan pertanyaan besar yang belum terungkap.

Pesawat yang dimiliki oleh British South American Airways (BSAA) yang dikemudikan oleh pilot AU, Reginald Cook, meninggalkan Buenos Aires pada pukul 13:46 tanggal 2 Agustus 1947 dan menuju pegunungan Andeas.

Pesawat itu tak pernah mencapai tujuannya, tapi operator radio berhasil mengirimkan satu pesan samar berupa kode morse yang dibaca “STENDEC” sebelum akhirnya menghilang. Banyak pendapat tentang hilangnya pesawat dan pesan morse itu termasuk adanya serangan UFO, sabotase dan ledakan yang disengaja untuk menghancurkan dokumen-dokumen penting yang dibawa oleh penumpang.

Star Dust tak berhasil ditemukan sampai 50 tahun kemudian. Hingga dua pendaki gunung asal Argentina menemukan fragmen dari mesin dan sisa-sisa pakaian.

7. Star Tiger

(Copyright: fixorange.com)

Sebuah pesawat BSAA kedua, Star Tiger, menghilang secara misterius saat terbang dari Santa Maria di Azores menuju Bermuda pada 30 Januari 1948.

Pesawat tersebut lepas landas dengan membawa 25 penumpang dalam keadaan angin yang sangat kencang. Pesawat itu terbang dengan ketinggian yang rendah untuk menghindari angin, sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak.

Star Tiger diduga menghilang karena cuaca yang buruk dan terbang dalam ketinggian yang rendah. Hingga pesawat itu tertiup angin sampai jatuh ke laut dan menghilang.

6. Star Ariel

(Copyright: Wikipedia)

Star Ariel pesawat milik BSAA menghilang selama penerbangan dari Bemruda menuju ke Jamaika pada 17 Januari 1949. Pesawat itu berangkat dalam keadaan cuaca cerah serta tak ada turbulensi. Tapi pesawat itu mengalami masalah komunikasi selama penerbangan sebelum akhirnya menghilang.

Penyebab hilangnya pesawat Star Ariel masih belum diketahui, tapi Don Bennett, mantan direktur BSAA mengklaim kedua pesawat, Star Tiger dan Star Ariel telah disabotase.

5. Penerbangan 571 di Andes

(Copyright: documentingrality)

Pesawat Angkatan Udara Uruguay nomor penerbangan 571 yang membawa 45 penumpang dan awak jatuh ke pegunungan Andes dalam keadaan cuaca yang buruk.

Dari 45 orang di pesawat, hanya 12 orang yang tewas dalam kecelakaan itu. Enam orang lagi meninggal pada hari-hari sesudah kecelakaan tersebut, dan selanjutnya delapan orang meninggal karena longsoran salju menghantam pesawat di mana mereka berlindung.

Sisa 16 penumpang yang selamat sebelum mereka terpaksa melakukan aksi kanibalisme memakan mayat temannya sendiri yang sudah mati untuk bertahan hidup. Mereka tak ditemukan selama 72 hari setelah kecelakaan, ketika dua penumpang memutuskan untuk melakukan perjalanan sepuluh hari di daerah pegunungan.

Akhirnya mereka menemukan pedagang keliling asal Chili yang memberi mereka makan dan memberitahu pihak berwenang. Hingga kisah ini diabadikan dalam sebuah film tahun 1993 ‘Alive’.

4. Air France Penerbangan 447

(Copyright: telegraph.co.uk)

Sebuah pesawat Airbus A330 yang membawa 288 penumpang termasuk awak melakukan penerbangan dari Rio ke Paris sebelum akhrinya pesawat itu menghilang secara misterius di Atlantik pada tahun 2009.

Penyebab kecelakaan ini diduga karena kristal es menghambat tabung di pesawat, sehingga menyebabkan autopilot rusak. Para kru pesawat berusaha untuk memulihkan keadaan pesawat, tapi gagal dan menyebabkan pesawat jatuh ke laut. 50 mayat ditemukan setelah pencarian berbulan-bulan setelah kecelakaan.

Perekam black box pesawat itu akhirnya ditemukan pada 11 Mei 2011, bersama dengan 104 mayat penumpang. Semantara itu mayat penumpang lainnya masih dalam pencarian.

3. Flying Tiger 739

(Copyright: philenews.com)

Pada 16 Maret 1962 satuan militer Lockheed Super Constellation menyewa pesawat Flying Tiger yang melakukan penerbangan dari Guam menuju Filipina.

Namun pesawat itu sama sekali tak pernah diketahui rimbanya dan tak pernah terlihat lagi. Puing-puing pesawat nomor penerbangan 739 tak pernah ditemukan dan 107 penumpang yang ada dalam pesawat dinyatakn hilang hingga diperkirakan tewas.

2. EgyptAir Penerbangan 990

(Copyright: Wikipedia)

Kecelakaan EgyptAir nomor penerbangan 990 yang lepas landas dari bandara John F Kennedy International menuju Kairo pada 31 Oktober 1999 masih menjadi misteri. Pesawat jenis Boeing 767 itu jatuh ke Atlantik selatan dan menewaskan 217 penumpang dan awak.

Menurut NTSB, pesawat tersebut jatuh karena tindakan kopilot, Gamal Al-Batouti yang memanipulasi pesawat hingga jatuh ke samudera Atlantik. Namun semua tuduhan itu dibantah oleh pihak Mesir, dan menyebutkan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh kemacetan sistem kemudi ekor pada pesawat 767.

1. Adam Air

(Copyright: Kapanlagi.com)

Hilangnya pesawat Adam Air nomor penerbangan 574 tujuan Manado pada 1 Januari 2007 silam memang masih menjadi misteri. Pesawat itu hilang di atas perairan selat Majene dan pencarian yang dilakukan berakhir dengan hasil minim.

Black box pesawat itu akhirnya ditemukan pada 26-27 Agustus 2007, dan setelh dilakukan penyelidikan, Mei 2009 pemerintah mengumumkan bahwa penyebab hilangnya Adam Air itu karena mesin yang rusak dan pilot yang tak mengetahui akan terjadinya musibah.

Loading...