in

10 Makhluk Laut Paling Mematikan di Dunia

Laut memang banyak menyimpan jenis makhluk hidup yang sangat luar biasa, salah satunya yaitu hewan yang memiliki kemampuan mematikan. Beberapa makhluk laut memiliki kemampuan melindungi diri dari serangan predator atau gangguan di sekitarnya. Selain untuk melindungi diri, kemampuan tersebut digunakan juga untuk berburu mangsa.

Jika Anda seorang yang hobi menyelam atau berselancar, sebaiknya Anda waspada terhadap makhluk-makhluk laut ini yang mungkin saja bisa membunuh Anda. Dan berikut 10 makhluk laut paling mematikan di dunia.

10. Karang Api

Loading...

Karang api terlihat sangat indah seperti karang laut lainnya, sebenarnya karang api atau fire coral ini memiliki kemampuan yang sama seperti ubur-buru yang bisa mengeluarkan listrik dengan tentakelnya. Jika Anda bertemu dengan karang yang terlihat berwarna kuning pucat ini ketika menyelam, sebaiknya jangan menyentuhnya karena bisa menyebabkan luka yang cukup serius berupa iritasi, nyeri, bahkan muntah dan mual.

9. Lepu

Hati-hati juga jika bertemu dengan salah satu makhluk laut beracun ini ketika sedang menyelam. Sengatan lepu tidak akan menyebabkan kematian, tapi akan memberikan efek yang sangat menyakitkan karena racunnya yang cukup kuat.

8. Ular Laut

Sama seperti ular darat, ular laut juga memiliki racun yang cukup kuat yang mungkin bisa membuat Anda terbunuh jika terkena gigitannya. Beberapa spesies ular laut dapat ditemukan di Samudera Hindia dan Sumedara Pasifik. Mereka bisa tumbuh dengan panjang mencapai 4 sampai 5 kaki, sementara beberapa spesies bisa mencapai hingga 10 kaki.

Ular laut sebenarnya tidak terlalu agresif namun karena jumlah toksisitas dalam racun ular laut cukup banyak, sebaiknya Anda menghindari makhluk laut mematikan ini.

7. Ikan Pari

Ikan pari adalah salah satu makhluk laut yang lebih pasif dan hampir tidak pernah menyerang manusia. Namun, beberapa kejadian ketika penyelam secara tidak sengaja menginjak tubuh ikan pari, maka ikan pari akan melindungi dirinya dan mengeluarkan sengatan.

Beberapa spesies ikan pari memang tidak memiliki serangan yang cukup serius, tapi beberapa spesies ikan pari lainnya memiliki serangan yang bisa berakibat fatal. Lebih baik Anda menghindari makhluk laut ini meskipun terlihat sangat lucu.

6. Hiu Harimau

Kebanyakan jenis hiu memang sangat berbahaya, salah satunya yaitu hiu harimau. Jenis hiu ini merupakan salah satu jenis hiu terbesar yang memiliki panjang hingga 5 meter. Sebagian besar hiu harimau berburu ketika malam hari. Dengan ukuran yang cukup besar, pada dasarnya hiu harimau bisa saja memangsa manusia.

5. Hiu Putih

Hiu putih memang sudah tidak asing lagi menjadi predator paling ganas di lautan. Mereka dapat tumbuh dengan panjang hingga 6 meter dan memiliki tubuh yang sangat besar. Beberapa orang menganggap hiu putih suka memangsa manusia, pada kenyataannya, hiu putih tidak suka daging manusia.

Mungkin hiu putih cenderung lebih agresif kepada manusia karena mereka sedang kelaparan dan sedang mencari mangsa.

4. Ikan Batu

Ikan ini merupakan salah satu makhluk laut yang sangat aneh dengan ukuran tubuh agak kecil. Namun, dibalik keanehannya ternyata ikan batu sangat berbahaya. Ikan yang tinggal di dasar terumbu karang ini memiliki sirip punggung yang cukup tajam untuk menembus sepatu Anda. Selain itu, ikan ini merupakan ikan paling beracun di dunia.

3. Gurita Cincin Biru

Makhluk laut kecil lain yang cukup mematikan adalah gurita cincin biru. Jenis gurita ini dapat tumbuh dengan panjang 8 inci, mereka suka memakan kepiting dan udang kecil. Meskipun sangat kecil jangan anggap remeh gurita cincin biru, mereka memiliki racun yang cukup untuk membunuh manusia.

Pada kenyataannya, gurita cincin biru memiliki racun yang bisa membunuh 30 orang hanya dalam waktu hitungan menit. Dengan kata lain, 10.000 lebih kuat dari pada sianida, senyawa kimia yang sangat beracun.

2. Buaya Muara

Jenis buaya ini suka tinggal di sungai-sungai dan di laut dekat muara. Dinamakan buaya muara karena meraka sangat menyukai air asin. Buaya Muara juga memiliki tubuh terbesar di dunia yang memiliki panjang mencapai 12 meter.  Tidak heran lagi dengan tubuh sebesar itu, mungkin sangat berbahaya untuk manusia. Selain terbesar dan terpanjang, buaya muara juga merupakan buaya terganas di dunia.

1. Ubur-Ubur Kotak

Ubur-ubur kotak juga dikenal dengan sebutan ‘tawon laut’, mungkin julukan ini sangat cocok untuk makhluk laut paling beracun di dunia ini. Sengatan ubur-ubur jenis ini benar-benar sangat menyakitkan dan berakibat fatal bagi manusia, bahkan menyebabkan kematian.