in

Inilah 4 Kota Besar Bebas Macet di Indonesia

Indonesia memang tidak luput dari hal kemacetan, terutama kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan kota-kota besar lainnya. Berbagai macam cara telah dilakukan untuk mengurangi kemacetan, namun tidak terlalu membawakan hasil.

Jalanan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (images: Wikipedia)

Meskipun banyak anggapan kota-kota besar di Indonesia indentik dengan kemacetan, tetapi masih ada kota-kota besar di Indonesia yang bebas macet, dan berikut 4 kota besar bebas macet di Indonesia versi detik.

4. Kupang, NTT

Kupang merupakan salah satu kota besar yang terletak di NTT, kota ini juga banyak menarik wisatawan karena memiliki bandara besar El Tari Kupang. Di sekitar kota ini juga banyak pegunungan hijau dan yang lebih bagusnya lagi, jalanan di kota ini bebas macet dan semakin memanjakan para wisatawan.

3. Jayapura, Papua

Kota besar selanjutnya yang bebas macet yaitu ibukota Provinsi Papua, Jayapura. Kota ini cenderung terlihat sepi dengan kendaraan meskipun jalan raya di kota ini sangat lebar. Pemandangan yang indah juga bisa ditemukan di kota ini seperti Pantai Base G, Desa Tablanusu dan danau terluas di Papua, Danau Sentani. Karena jumlah kendaraan yang relatif sedikit, hal ini memungkinkan wisatawan bisa menuju ke beberapa tempat wisata di Jayapura dengan waktu yang singkat.

2. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Banjarmasin merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Selatan yang juga ramai dikunjungi para wisatawan sekaligus kota besar yang bebas macet. Jalanan di kota ini tidak nampak macet tidak seperti tetangganya Banjarbaru yang selalu macet. Mungkin hal ini disebabkan karena jalanan yang besar dan jumlah kendaraan yang tidak terlalu padat.

1. Balikpapan, Kalimantan Timur

Meski bukan ibukota provinsi, Balikpapan tetap menjadi kota besar yang banyak dikunjungi para wisatawan. Di kota ini ada Bandara Internasional Sepinggan, tempat turis domestik maupun mancanegara yang singgah di Kaltim. Dengan hadirnya bandara tersebut, Balikpapan menjadi kota yang sangat ramai, tetapi meskipun sangat ramai, kota ini tidak penuh dengan kendaraan dan bebas macet.

Loading...