in

Facebook Bisa Memprediksi Kapan Hubungan Anda Menuju Perpisahan

Waduh! Facebook ternyata bisa memprediksi kapan hubungan Anda menuju perpisahan, apakah itu benar atau tidak?

Facebook (images: sermitsiaq.ag)

Para ilmuan telah mengembangkan algoritma Facebook, yang mereka katakan secara akurat dapat mengidentifikasi siapa yang sedang berkencan atau ketika hubungan seseorang menuju perpisahan.

Algoritma yang dikembangkan oleh seorang profesor Universitas Cornell dan senior engineer Facebook, mengambil keuntungan dari sistem metrik baru yang disebut ‘disperson’ yang melihat hubungan  antara orang-orang yang memiliki teman berbeda-beda.

Para peneliti mengatakan, teman dekat cenderung berbagi banyak teman yang sama, para ilmuan sosial menyebutnya ’embeddedness”. Para peneliti menggunakan beberapa set data anonim, termasuk data yang besar dari 1,3 juta pengguna Facebook.

The Verge melaporkan, mereka mengidentifikasi 60 persen ketepatan yang kencan dengan siapa, jauh lebih baik daripada 2 persen ketepatan mereka yang akan dapatkan dari tebak acak. Disperson yang tinggi juga tampaknya berkorelasi dengan hubungan lagi, kata para peneliti.

Beberapa pasangan mungkin akan putus sebesar 50 persen dalam dua bulan ke depan jika algoritma disperson gagal menebak bahwa mereka berkencan. Researchers juga melihat metrik, seperti berapa kali pengguna melihat profil orang lain, kehadiran pada acara yang sama dan pesan yang dikirim.

Sepertinya disperson merupakan metrik yang akurat untuk menentukan hubungan seseorang yang romantis.

Loading...