in

Dokter Surabaya Berhasil Ciptakan Mobil Berbahan Bakar Angin

Berbagai macam percobaan dilakukan oleh banyak ilmuan di seluruh dunia untuk menemukan bahan bakar kendaraan selain bahan bakar minyak. Namun, seorang Dokter di Surabaya berhasil menciptakan mobil dengan bahan bakar angin.

Mobil berbahan bakar angin (images: acehbaru.com)

Dokter bernama Helmy Djafar awalnya memiliki hobi utak atik sejak 15 tahun yang lalu. Ketika itu ia memiliki mobil prototipe mobil terbang yang digerakan dengan suara. Kemudian dia mengajak teman-temannya untuk membuat konsep mobil yang berbahan bakar angin.

Mereka mendesain mobil berbahan bakar angin ini menggunakan alat bantu berupa tabung oksigen berisi 56 liter dan mobil bekas senilai Rp 7,5 juta. Mereka membongkar seluruh mesinnya dan hanya disisakan sasis, kemudi dan perseneling.

Loading...

Menurut Helmy satu tabung berisi angin mampu menempuh jarak tiga hingga empat kilometer. “Coba kalau bagian lekukan tempat duduk kita kasih tabung, lalu di atas kita kasih tabung jadi total 24, maka tinggal dikali tiga saja jarak tempuhnya,” kata Helmy seperti dikutip dari Acehbaru.com.

Mobil berbahan bakar udara ini masih jauh dari sempurna, akan tetapi mobil ini lebih irit jika dibandingkan dengan mobil listrik. Selain itu, emisi gas buang dari kendaraan ini juga bisa dimanfaatkan menjadi pendingin ruangan atau AC yang dipakai dalam mobil.