in

8 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Berenang memang banyak digemari oleh banyak orang. Selain menyenangkan, berenang juga bisa membuat tubuh kita tetap sehat.

(images: toonaripost)

Ketika musim panas tiba, berenang merupakan salah satu kegiatan yang sangat sering dilakukan. Tahukah Anda beberapa manfaat terbaik dari berenang untuk kesehatan? Berikut 8 manfaat berenang untuk kesehatan.

8. Mengontrol nafsu makan

Loading...

Beberapa orang kesulitan dalam hal mengontrol nafsu makan, namun Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang selama satu atau dua jam, Anda akan merasakan nafsu makan Anda sedikit menurun. Selain itu, berenang juga bagus untuk para pelaku diet yang kesulitan mengontrol nafsu makan.

7. Saluran pernapasan jadi sehat

Menurut sebuah penelitian, berenang secara teratur meningkatkan proses oksigenasi di bronkus sehingga membuat saluran pernapasan jadi sehat. Ini sangat bagus untuk orang yang mengalami masalah pernapasan.

6. Mengontrol tekanan darah

Selain menggunakan obat untuk mengontrol tekanan darah, cobalah cara yang lebih sehat dan alami dengan berenang secara teratur. Beberapa penelitian menunjukan, lebih dari 40 orang mengalami perubahan yang baik dalam hal mengontrol tekanan darah setelah melakukan renang biasa. Berenang bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah yang bisa mengontrol naik dan turunnya tekanan darah.

5. Membentuk tubuh yang ideal

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang, renang adalah salah satu cara yang santai untuk mendapatkan tubuh ideal Anda. Renang secara teratur tidak hanya membuat Anda mendapatkan tubuh yang ideal tetapi bisa membuat otot-otot tubuh jadi lebih sehat.

4. Membakar Lemak

Semua jenis olahraga merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak yang tidak perlu di dalam tubuh. Namun, berenang lebih efektif untuk membakar lemak, karena seluruh tubuh Anda digerakan ketika Anda mulai berenang.

3. Membuat kulit jadi sehat

Berenang secara rutin membuat Anda mendapatkan kulit yang sehat, lembut dan terlihat awet muda. Tetapi, jangan lupa untuk menerapkan pelindung tabir surya ketika mau berenang, itu pun jika kondisi cuaca sangat panas.

2. Mengurangi ketegangan otot

Selain melancarkan aliran darah dalam tubuh, berenang juga bisa melemaskan otot-otot yang tegang. Sebelum berenang, biasakan Anda melakukan pemanasan dan jangan terlalu lama berenang karena bisa membuat otot Anda jadi tegang.

1. Mengurangi stres

Menurut sebuah survei, 74% orang merasa tekanan hidup dalam pikirannya berkurang ketika sedang berenang. Ketika berenang, Anda akan merasakan perasaan yang tenang, pikiran yang lebih jernih dan sejenak melupakan masalah yang membebani pikiran Anda.