in

10 Manfaat Terbaik Teh Hijau Untuk Kesehatan

Minum segelas teh hijau setiap harinya bisa membuat Anda merasa lebih baik. Selain itu teh hijau merupakan minuman sehat dengan banyak manfaatnya di dalamnya. Dari sekian banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan, berikut 10 manfaat terbaik teh hijau.

(images: zentofitness)

10. Mencegah kanker

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut polifenol katekin, dan sangat kaya akan epigallocatechin gallate ( EGCG ), sebuah molekul yang terdapat dalam suatu tanaman. EGCG memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

9. Mengatur kadar gula darah

Ada beberapa studi epidemiologi yang telah menghubungkan konsumsi teh hijau dengan mengatur kadar gula darah. Konsumsi teh hijau sangat baik untuk para penderita diabetes.

8. Mencegah stres dan depresi

Salah satu penelitian di Jepang menemukan bahwa minum teh hijau memainkan peran dalam mencegah stres dan depresi. Dengan demikian, minum teh hijau sambil santai sangat bagus untuk menghilangkan stres.

7. Menghilangkan bau mulut

Catechin polyphenolsm yang terkandung dalam teh hijau, dapat membantu menghilangkan bau mulut dan mengurangi risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi karena mereka menghambat pertumbuhan plak.

6. Melindungi mata dari penyakit mata

Para ilmuan telah menemukan bahwa antioksidan dalam teh hijau dapat menembus jaringan mata, dan mereka dapat membantu untuk melindungi mata dari penyakit mata seperti glaukoma.

5. Mencegah radang sendi

Radang sendi atau artritis reumatoid merupakan penyakit yang mengakibatkan peradangan dalam waktu yang cukup lama pada sendi. Studi menunjukan bahwa epigallocatechin gallate (EGCG) dan kimia penting lain yang disebut epicatechin gallate (ECG), keduanya ditemukan di dalam teh hijau, yang dapat membantu anak mencegah penyakit radang sendi.

4. Meningkatkan metabolisme

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan tentang teh hijau dalam hal penurunan berat badan, tetapi ada banyak bukti yang menunjukan teh hijau bisa menurunkan berat badan. Flavanoids dan kafein dalam teh hijau bertindak untuk meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

3. Meingkatkan sistem kekebalan tubuh

Teh hijau mengandung banyak senyawa yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Termasuk polifenol catechin dan asam amino esensial. Salah satu studi menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau mengurangi risiko terkena flu hingga 75 persen.

2. Menyembuhkan infeksi

Teh hijau membantu meningkatkan efek antibiotik, sehingga meminum teh hijau sangat bagus untuk mengobati infeksi secara alami.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Minum teh hijau secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan terutama kolesterol jahat atau LDL. Memiliki tingkat kolesterol yang sehat memberi kita risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Loading...