in

10 Akuarium Paling Menakjubkan di Dunia

Jika Anda ingin memelihara ikan di rumah pastinya yang Anda butuhkan adalah akuarium. Selain kolam, akurium  juga sangat tepat untuk memelihara beberapa ikan hias. Dengan adanya akuarium memungkinkan Anda untuk melihat ikan-ikan peliharaan Anda setiap waktu.

Banyak orang yang membuat akuarium miliknya di desain sedemikian rupa agar ikan-ikan yang tinggal di dalam akuarium tersebut tidak stres dan terlihat seperti kolam sungguhan. Namun, jika Anda bosa dengan akuarium biasa-biasa, Anda bisa menghilangkan rasa bosan tersebut dengan melihat 10 akuarium paling menakjubkan di dunia.

10. Akuarium Okinawa Churaumi, Okinawa, Jepang

(images: panoramio)

Akuarium ini merupakan akuarium terbesar di dunia ke-2 dan banyak menarik pengunjung dari Jepang maupun dari mancanegara. Akuarium Okinawa Churaumi terletak di Taman Ocean Expo, barat laut Okinawa di Jepang. Dalam tiga tahun terakhir, empat pari manta lahir di dalam akuarium ini dan merupakan momen yang paling berharga.

9. uShaka Marine World, Durban, Afrika Selatan

(images: viator)

Akuarium ini dibangun menyerupai reruntuhan kapal sehingga memberikan suasana yang berbeda dan unik. Pengunjung dapat menikmati 32 tangki yang menampilkan hampir setiap makhluk laut. Akuarium ini terdiri dari 4 bagian: uShaka Sea Wolrd, uShaka Wet’n Wind, uShaka Beach dan uShaka Village Walk. Masing-masing bagian tersebut memberikan pengunjung pengalaman yang tidak mungkin untuk dilupakan.

8. Shanghai Ocean Aquarium, Shanghai, Cina

(images: crossleyarchitects)

Shanghai Ocean Aquarium yang terletak di Cina ini merupakan akuarium yang memiliki terowongan bawah laut sepanjang 155 meter. Terowong tersebut memungkinkan pengunjung untuk melihat karang pasir, laut terbuka, sebuah gua, hiu dan terumbu karang. Yang membuat akuarium ini lebih menarik lagi yaitu menyimpan beberapa spesies yang terancam punah, termasuk buaya Yangtze dan salamander raksasa. Pengunjung juga disuguhi pemandangan naga air Cina dan bahkan penguin langka dari Antartika.

7. Monterey Bay Aquarium, Monterey, California

(images: freeimagesonline)

Akuarium ini pertama kali dibuka pada tahun 1984 dan menyimpan kurang lebih 35.000 hewan laut. Makhluk-makhluk ini berasal dari 623 spesies yang berbeda. Yang lebih mengesankan lagi, pengunjung dapat melihat hewan laut yang sangat unik yaitu ikan paus, hiu martil, ikan pari, tuna sirip biru, berang-berang laut, ubur-ubur dan serigala laut. Akuarium ini buka sepanjang tahun dan tidak hanya memberikan pemandangan yang indah tetapi juga memberikan pendidikan.

6. L’Oceanografic, Valencia, Spanyol

(images: Wikipedia)

L’Oceanografic dianggap sebagai akuarium terbesar di Eropa dan salah satu yang terbesar di dunia yang memiliki luas hingga 110.000 meter persegi. Akuarium ini memiliki 45.000 hewan laut dari tiga ekosistem yaitu Antartika, Kutub Utara dan Laut Mediterania. Pemandangan akuarium ini sangatlah indah dan bisa memanjakan mata para pengunjung.

5. Turkuazoo, Istanbul, Turki

(images: whereis-istanbul)

Akuarium Turkuazoo merupakan akuarium publik yang dibuka pada tahun 2009. Selain menjadi daya tarik wisata, akuarium ini merupakan pusat penelitian kelautan dan konservasi. Turkuazoo terletak di dalam pusat perbelanjaan terbesar di Eropa, Forum Istanbul Bayrampasa. Ada sekitar 10.000 makhluk laut di akuarium ini, diantaranya ikan pari raksasa, hiu macan dan bahkan piranha.

4. Aquadom, Berlin, Jerman

(images: Therichest)

Aquadom adalah akuarium yang sangat menarik karena terletak di dalam Hotel Radisson di Berlin, Jerman. Ukuran akuarium ini memang tidak terlalu mengesankan, tetapi struktur akuarium ini sangatlah unik dan bisa membuat mata pengunjung terpesona. Memiliki bentuk silinder dengan tinggi 25 meter dan diameter 11 meter, membuat akuarium ini mampu menampung sekitar satu juta liter air dan memberikan perlindungan kepada 2.600 hewan laut. Hal menarik lainnya yaitu pengunjung bisa melihat seluruh isi akuarium ini sambil naik lift.

3. Georgia Aquarium, Atlanta, Georgia

(images: Wikipedia)

Georgia Aquarium merupakan salah satu akurium terbesar dan paling menakjubkan di dunia. Akuarium ini didanai oleh seorang dermawan bernama Bernie Marcus, pemilik Home Depot, yang rela mengeluarkan uang senilai US$ 250 juta (Rp 2,9 triliun). Georgia Aquarium pertama kali dibuka pada tahun 2005 dan memiliki hewan laut yang menarik yaitu hiu paus.

2. The Deep, Hull, Inggris

(images: funkidslive)

Dalam hal ukuran, akuarium The Deep mungkin bukan hal yang paling mengesankan, tetapi akuarium ini masih banyak menyimpan hal yang mengesankan selain ukuran. Akuarium The Deep sebenarnya merupakan submarium, yang merupakan tanki besar berisi 2,5 juta liter air laut. Tanki tersebut menyimpan ribuah hewan laut termasuk tujuh spesies hiu. Sejak dibuka pada tahun 2002, The Deep menjadi tujuan utama wisata.

1. Dubai Aquarium & Discovery Center, Dubai, Uni Emirat Arab

(images: bestourism)

Selain pembangunan gedung-gedung tinggi seperti Burj Khalifa dan pulau buatan seperti Palm Jumeirah, Dubia juga memiliki akuarium yang paling menakjubkan di dunia yaitu, Dubai Aquarium & Discovery Center yang terletak di sebuah mall raksasa, Dubai Mall. Akuarium ini mampu menampung 33.000 hewan laut termasuk 85 spesies yang berbeda di seluruh dunia.