Wow

Tips Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Biasanya daging kambing mengeluarkan bau prengus yang tidak sedap, bau ini berasal dari feromon yang dihasilkan oleh tubuh kambing. Karena bau tersebut, banyak orang yang tidak suka memakan daging kambing, padahal jika tau cara mengolahnya, daging kambing akan menjadi hidangan yang enak.

Daging Kambing (images: Wholesalemeats)

Untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing ada beberapa cara yang bisa Anda praktekan di rumah, berikut beberapa cara agar bau tersebut bisa hilang yang dikutip dari Kompas.com.

1. Teknik memotong

Cara menyembelih kambing yaitu jangan gunakan tangan yang sama untuk memotong dan menguliti daging. Bau prengus ini biasanya berada di tanduk kambing, jangan gunakan tangan yang sama untuk memegang bagian dagingnya.

2. Proses aging

Sebelum diolah lebih lanjut, daging kambing jangan langsung dimasak karena selain akan menimbulakn bau, daging tersebut akan terasa alot karena kambing ini disembelih dalam keadaan tegang. Setelah daging dikuliti, sebaiknya gantung kambing tersebut dengan posisi terbalik kepala di bagian bawah, atau sering disebut dengan proses aging. Proses ini bertujuan menghilangkan sisa darah dalam tubuh kambing, biasanya proses aging dilakukan selama 24 jam. Atau bisa dengan memasukannya ke dalam lemari es dengan suhu 4 derajat celsius dan membungkusnya dengan handuk bersih.

3. Minimalkan penggunaan air

Banyak orang yang menyarankan agar daging tidak berbau prengus, sebaiknya jangan dicuci. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Anda bisa saja mencuci daging tersebut dengan syarat harus segera dikeringkan kembali dengan handuk bersih.

4. Tambahkan Ketimun

Remas daging kambing yang sudah dipotong-potong bersama dengan irisan ketimun selama beberapa menit. Getah yang terdapat dalam ketimun bisa membuat bau prengus pada daging hilang.

5. Gunakan bumbu dapur

Gunakan beberapa campuran bumbu dapur seperti jahe, kunyit, salam, sereh, dan lengkuas yang sudah dihaluskan ke dalam campuran rebusan. Bumbu-bumbu ini bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Baca Juga

Loading...

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2018 Wow Menariknya

To Top