in

Hilangkan Stres Dengan 10 Makanan Ini

Ketika Anda stres, terkadang mengabaikan makanan yang masuk ke dalam mulut. Apapun makanan tersebut, Anda seolah tidak peduli dengan kondisi tubuh Anda.

(images: ariix.com)

Tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral ketika seseorang sedang mengalami stres atau banyak pikiran. Dan berikut 10 makanan yang bisa menghilangkan stres dan membuat Anda jadi lebih tenang yang dikutip dari laman Health24.

 10. Biji-bijian

Seluruh biji-bijian kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium dan kalium, selain itu biji-bijian mengandung vitamin B kompleks, dan asam pantotenat yang memiliki efek menghilangkan stres. Semua senyawa ini bisa meredakan stres dan kecemasan sekaligus meningkatkan konsentrasi. Seluruh biji-bijian juga menyediakan serotonin penghasil karbohidrat yang memiliki efek menenangkan dan juga mempertahankan jumlah energi dengan cara menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

9. Aprikot kering

Aprikot kaya akan magnesium, obat alami anti stres. Magnesium sangat penting untuk kesehatan saraf dan membantu mengendorkan otot. Dikatakan aprikot kering membantu mengurangi palpitasi jantung yang disebabkan oleh stres. Aprikot juga kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Jeruk

Buah jeruk terkenal dengan sumber vitamin C. Akibat yang ditimbulkan oleh stres adalah menguras vitamin C dalam tubuh. Sehingga sangat penting untuk menambahkan asupan makanan yang kaya akan vitamin C agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga meskipun dalam keadaan tertekan. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu untuk menjaga radikal bebas.

7.Kalkun dan ayam

Kalkun dan ayam merupakan sumber dari asam amino triptofan yang membantu menenangkan pikiran. Bahkan ketika makan kalkun atau ayam, Anda akan merasa begitu santai dan akhirnya ngantuk. Kalkun juga kaya akan protein yang membantu menstabilkan kadar gula darah dan kemudian bisa mengurangi stres.

6. Blueberry

Blueberry yang penuh dengan antioksidan, khususnya vitamin C yang telah terbukti membantu tubuh mengurangi stres. Antioksidan bisa melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan juga membantu dan melindungi tubuh dari efek stres.

5. Kacang

Kacang merupakan sumber yang kaya akan serotonin, vitamin B, vitamin E, magnesium dan seng. Vitamin B dan magnesium berperan mengatur suasana hati dan mengurangi stres dengan meningkatkan serotonin, sedangkan seng berperan untuk melawan efek negatif dari stres. Vitamin E merupakan antioksidan yang berperan melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stres dan jantung.

4. Ikan

Ikan seperti tuna yang kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu menjaga adrenalin tubuh Anda dari lepas kendali, dan juga melindungi jantung dari penyakit jantung yang sering dikaitkan dengan stres. Ikan merupakan sumber penting dari vitamin B khususnya B6 dan B12 yang membantu memproduksi serotonin. Selain itu ikan juga mengandung kolin / vitamin B kompleks.

3. Susu dan yoghurt

Susu dan yoghurt sangat tinggi akan kalsium dan vitamin B, yang bisa membantu tubuh membangun tulang dan sangat penting untuk kesehatan saraf. Susu juga membantu menstabilkan mood Anda agar pikiran tetap tenang.

2. Bayam dan brokoli

Sayuran hijau gelap seperti bayam dan brokoli mengandung vitamin yang membantu tubuh menghadapi stres. Merupakan sumber magnesium, bayam dan brokoli memberikan Anda agar tetap tenang. Mereka juga mengandung asam folat yang membantu menghilangkan stres, kecemasan, panik dan bahkan depresi.

1. Pisang

Pisang kaya akan kalium, mineral yang membantu mengurangi ketegangan. Dan juga kaya akan triptofan yang membantu menenangkan pikiran. Serta asam amino yang terkandung dalam pisang bisa meningkatkan pembentukan serotonin (hormon yang memberikan efek menenangkan) dan melatonin (hormon pembantu tidur).

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%