in

10 Negara Super Power

Kemajuan ekonomi, teknologi dan sumber daya manusia menjadi faktor utama suatu negara dikatakan maju. Karena kemajuan negara tersebut bisa dikatakan negara tersebut merupakan negara super power. Dikatakan demikian bukan berarti negara tersebut memiliki teknologi militer yang sangat canggih melainkan sangat berpengaruh untuk negara-negara di seluruh dunia.

Negara-negara super power yang ada di dunia harus bisa menjaga perdamaian dunia. Negara mana sajakah yang dikatakan negara super power? Berikut 10 negara super power.

Loading...
Amerika Serikat

10. Brasil

Negara Brasil memiliki wilayah yang sangat luas dan termasuk bagian dari Amerika latin. Sebagian besar penduduk Brasil berbahasa Portugis terbesar di dunia. Selain itu hubungan Brasil dan negara lain sangat satbil, tidak heran negara Brasil sangat berpengaruh untuk negara-negara lainnya di dunia.

9. Pakistan

Pakistan memiliki penduduk muslim yang sangat besar dan memiliki senjata nuklir. Negara ini sangatlah bersatu namun kediktatoran militer di Pakistan menjadikan negara ini terlihat bukan negara super power. Pakistan memiliki sumber daya yang sangat baik, pertempuran dengan India membuat negara ini menjadi lemah. Namun jika Pakistan mampu mengisi sumber daya yang kaya raya itu mungkin negara ini dapat menyeimbangkan kekuatan negaranya.

8. India

Penduduk India sangatlah padat dan memiliki demokrasi terkenal yang memperoleh kekuatannya dari UUD rinci India. Ekonomi negara ini juga tumbuh dengan pesat dan kemajuan teknologi militer yang sama majunya.

7. Jerman

Jerman memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia dan termasuk dalam daftar anggota Uni Eropa yang paling kuat. Namun saat perang dunia ke-2, Jerman mengalami kekalahan dari sekutu dan membuat negara ini menajdi lemah pada waktu itu. Ketika perang sudah usai, Jerman mulai bangkit lagi dengan kemajuan teknologi dan ekonominya.

6. Jepang

Negara bagian Asia ini memiliki wilayah yang dikatakan tidak terlalu luas bahkan sumber daya alamnya saja tidak terlalu melimpah. Namun karena sikap disiplin yang dimiliki oleh penduduk Jepang serta sumber daya manusia yang tinggi menjadikan negara ini negara maju sekaligus negara super power.

5. Inggris

Inggris merupakan bagian dari Dewan Keamanan PBB juga. Negara ini memiliki senjata nuklir dan demokrasi yang stabil. Perkembangan industri di negara ini sangat maju, dan termasuk dalam Uni Eropa.

4. Prancis

Negara ini juga termasuk dalam Dewan Keamanan PBB dan dikatakan negara yang paling kuat ke lima di dunia. Prancis mempengaruhi banyak negara di Afrika dan memiliki senjata nuklir. Prancis memiliki tentara besar yang bertugas menjaga keamanan dunia.

3. Cina

RRC atau Republik Rakyat Cina merupakan negara super power dalam urutan ke empat. Negara ini memiliki tentara yang besar dan kuat, dan berpotensi menjadi negara terkuat di dunia.

2. Rusia

Rusia mengendalikan sejumlah negara di Asia Tengah. Populasi penduduk Rusia sangatlah besar. Mungkin faktor-faktor ini membuat Rusia tetap independen dan mencegah kekuatan eksternal mencampuri urusan politik, ekonomi.

1. Amerika Serikat

Memiliki ekonomi terbesar di dunia dan teknologi militer yang paling berbahaya itulah beberapa faktor yang membuat Amerika Serikat menjadi negara adidaya. Membangkitkan kekuatannya saat awal kemerdekaan membuat negara ini sangat ditakuti oleh negara lain.

Loading...