in

10 Hewan Dengan Kemampuan Berlari Tercepat di Dunia

Beberapa hewan terlahir dengan kemampuan berlari yang cepat. Kemampuannya ini digunakan untuk mencari mangsa atau menghindar dari serangan predator.

Mungkin banyak hewan dengan kemampuan berlari yang sangat cepat yang ada di dunia ini, dari sekian banyak pasti ada yang lebih cepat lagi, dan berikut 10 hewan tercepat di dunia.

10. Onager

Onager

Hewan ini merupakan sejenis keledai, namun sedikit lebih besar dari pada keledai yaitu dengan berat 290 kilogram dan panjang tubuh sekitar 2,1 meter. Onager memiliki kaki yang pendek dibandingkan dengan kuda, dan memiliki warna tubuh yang cukup menarik. Hewan yang satu ini dilaporkan dapat berlari hingga 70 kilometer per jam.

9. Kuda

Kuda

Menurut Guinness World Records, kuda balap tercepat dipegang oleh “Winning Brew” dengan kemampuan berlari hingga 70,76 kilometer per jam dalam balapan di Grantville, Pennsylvania pada tahun 2008.

8. Kanguru

Kanguru

Mungkin beberapa orang tidak akan percaya bahwa kanguru masuk dalam daftar hewan tercepat di dunia. Namun ini merupakan sebuah fakta, dimana seekor Red Kanguru mampu berlari dengan kecepatan 71 kilometer per jam.

7. Anjing Liar Afrika

Anjing Liar Afrika

Mamalia ini hanya dapat ditemukan di Afrika, hewan ini merupakan karnivora yang tinggal di daerah sabana dan hutan ringan lainnya. Kemampuan berlari anjing ini yaitu sekitar 71 kilometer per jam.

6. Kelinci Coklat

Kelinci Coklat

Jangan meremehkan hewan mungil ini, karena kelinci coklat ini bisa berlari dua kali lebih cepat dari seorang pelari Olimpiade. Kecepatan maksimal salah satu jenis kelinci ini yaitu 72 kilometer per jam.

5. Kijang Bertanduk

Kijang Bertanduk

Kijang bertanduk terkenal dengan lompatannya, dan juga tanduk besarnya. Selain itu, hewan ini mampu berlari hingga 80 kilometer per jam.

4. Wildebeest

Wildebeest

Hewan ini suka melakukan migrasi ke padang rumput yang baru. Banyak film dokumenter satwa liar ini ketika menyebarangi sebuah sungai. Hewan besar ini berasal dari hutan-hutan di Tanzania yang memiliki kemampuan berlari hingga 80.5 kilometer per jam.

3. Pronghorn

Pronghorn

Kemampuan berlari dari hewan ini sangatlah cepat yaitu sekitar 88,5 kilometer per jam, kemampuannya ini digunakan untuk menghindari serangan predator. Dikatakan bahwa hewan ini merupakan mamalia tercepat di dunia.

2. Springbok

Springbok

Memiliki tubuh berwarna coklat keputihan, dan merupakan salah satu jenis kijang yang berasal dari Afrika Barat. Springbok juga memiliki tanduk yang sangat indah dan kemampuan berlari tercepat di dunia dengan kecepatan 100 kilometer per jam dan bisa melompat 4 meter ke udara juga melompat secara horizontal sampai 15 meter.

1. Citah

Citah

Dan hewan tercepat di dunia adalah citah, dengan kemampuan berlari hingga 115 kilometer per jam. Hewan ini merupakan karnivora, bisa dikatakan jarang yang bisa lolos dari seranga citah karena kemampuan berlari yang sangat cepat.

Loading...