in

10 Fakta Menarik Tentang Planet Bumi Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Bumi merupakan planet tempat makhluk hidup berada diantaranya manusia, tumbuhan, dan hewan. Seperti yang kita ketahui, planet bumi sangat mendukung untuk makhluk hidup tinggal mulai dari makanan, suhu udara, lapisan pelindung, dan lain-lain.

Kita sebagai penghuni bumi pasti sudah mengetahu cukup banyak tentang bumi kita ini, namun ada beberapa fakta tentang bumi kita ini yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut 10 fakta menarik yang mungkin Anda belum mengetahuinya.

Planet Bumi (images: Wikipedia)

10. Bumi Tidak Berbentuk Bulat
Mungkin banyak orang mengetahui bahwa bumi berbentuk bulat, namun sebenarnya bumi berbentuk bulat pepat (oblate spheroid) sebuah bulatan yang tertekan ceper pada orientasi kutub-kutub yang menyebabkan buncitan pada bagian khatulistiwa.

9. Lempengan Tektonik
Bumi merupakan satu-satunya planet dari galaksi Milky Way yang memiliki lempengan tektonik.

8. Bumi Memiliki Panas Sendiri
Selain sumber energi panas dari matahri, bumi juga memiliki energi panas sendiri yaitu dalam inti bumi, Diperkirakan bahwa suhu inti memiliki panas mencapai 5.000-7.000 derajat Celcius atau sama dengan panas di permukaan matahari.

7. Bumi Adalah Planet Biru
Disebut demikian karena bumi 71% terdiri dari perairan dan sisanya adalah daratan. Hal ini dibuktikan oleh astronot yang pertama kali pergi ke luar angkasa dan melihat planet bumi itu sangat berwarna biru.

6. Bentuk Bumi Tidaklah Datar
Jika dilihat dari luar angkasa mungkin bumi terlihat mulus. Namun sebenarnya bumi tidaklah datar melainkan berelief yang artinya bumi terdiri dari berbagai bentukan seperti gunung, lembah, sungai, danau, laut dan lain-lain.

5. Bumi Memiliki Planet Kembar
Salah satu fakta menarik lainnya yaitu bahwa dulunya bumi memiliki planet kembar yang bernama planet Theia. Didalilkan 4,5 miliar tahun yang lalu sebuah tabrakan hebat terjadi antara planet bumi dan theia, akibat tabrakan tersebut terbentuklah bulan.

4. Memiliki Perbedaan Gravitasi
Beberapa tempat di bumi ini memiliki gravitasi berbeda-beda tergantung dari jarak ke inti bumi. Ini berarti bahwa karena tarikan gravitasi, Anda secara teknis lebih ringan atau lebih berat di lokasi tertentu. Meskipun Anda tidak akan pernah merasakannya.

3. Planet Tercerah
Diketahui bahwa planet Venus merupakan planet yang terang. Namun bumi lebih terang jika dilihat dari luar angkasa karena memiliki warna biru cerah.

2. Bumi Memiliki Titik Tertinggi Dan Titik Terdalam
Bentuk bumi ini tidaklah datar maka akan ada suatu titik tertinggi dan terdalam. Titik tertinggi bumi yaitu gunung Everest setinggi 8.848 meter dan titik terdalam adalah palung Mariana di Samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter.

1. Bumi Satu-Satunya Planet Yang Dihuni Mahluk Hidup
Tuhan menciptakan bermilyar-milyar planet atau lebih atau tak hingga, namun hanya planet bumi yang mendukung untuk tempat makhluk hidup tinggal. Selama ini penelitian-penelitian dilakukan untuk mencari kehidupan lain, namun hasilnya belum ada sampai sekarang.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%