Rabu, 11 Oktober 2017

Unik! Bangunan Di Spanyol Ini Dibangun Dari Atas Ke Bawah

(foto: wonderfulengineering.com)

Di Plaza de Colon, Madrid, Spanyol, terdapat bangunan kembar yang dikenal secara lokal sebagai "El Enchufe" atau "The Plug" karena konon menyerupai colokan listrik raksasa. Nama resminya adalah " Torres de Colon" atau Menara Columbus.

Ada yang menyebutkan bahwa gedung ini adalah bangunan terjelek di Madrid karena topengnya yang tampak lucu dan fasad terbuat dari tembaga dan kaca asap.

(foto: wonderfulengineering.com)

Namun, Torres de Colon merupakan ikon cakrawala Madrid sejak diluncurkan pada tahun 1976. Hal yang menarik dari gedung ini adalah, Torres de Colon dibangun dari atas ke bawah.

Torred de Colon dimulai dengan dua pilar utama di atas pijakan beton dan kemudian lantai paling atas diangkat dan digantungi kabel baja.

(foto: wonderfulengineering.com)

Sisa lantai berikutnya mengikuti dari atas ke bawah. Hanya tiga lantai dari bawah termasuk ruang bawah tanah yang dibangun dari bawah ke atas. Fasad kaca ditutupi dengan warna merah marun dan hijau.

Metode yang tidak biasa ini menghemat waktu dan biaya, serta menghilangkan kebutuhan untuk memindahkan pekerja, bahan, dan peralatan dari lantai ke lantai.

(foto: wonderfulengineering.com)

Teknik ini cukup luar biasa dan tidak banyak diketahui, namun banyak bangunan lainnyasudah dibangun seperti ini. Salah satunya adalah Bank Central Irlandia di Dublin dan Standard Bank Centre di Johannesburg, Afrika Selatan.

Sumber: Wonderfulengineering.com
by Mega Ainul
Rabu, 11 Oktober 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X