Selasa, 10 Oktober 2017

Fakta-Fakta Miris Pembantaian Jutaan Suku Indian


Tragedi genosida paling mengerikan sepanjang sejarah tak hanya terjadi pada masa Nazi atau Stalin. Jauh sebelum itu sudah banyak terjadi pembantaian massal, termasuk pembantaian yang dilakukan bangsa Eropa terhadap jutaan suku Indian.

Kedatangan bangsa Eropa membawa bencana besar ke Amerika. Selama bertahun-tahun, jutaan suku Indian dibantai oleh bangsa Eropa demi merebut tanah mereka. Bahkan ahli sejarah memperkirakan 50-100 juta penduduk suku Indian sudah dibantai ketika itu.

Dihimpun Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa fakta miris tentang pembantaian jutaan suku Indian.

1. Perebutan tanah


Pada awal kedatangan Columbus di Amerika, bangsa Eropa disambut dengan baik oleh suku Indian. Namun lama kelamaan bangsa Eropa malah ingin merebut tanah suku Indian hingga akhirnya mereka mulai melakukan invasi untuk mengusir suku Indian.

Orang-orang Eropa menghalalkan segala cara untuk menduduki wilayah suku India termasuk melakukan pembunuhan besar-besaran terhadap penduduk asli. Seiring berjalannya waktu, banyak tanah di Amerika yang akhirnya diduduki bangsa Eropa seperti Inggris dan Perancis.

2. Pembunuhan massal


Karena perebutan tanah, bangsa Eropa menyuruh suku Indian untuk pindah ke wilayah yang sudah disediakan. Tentu saja suku Indian menolak hal itu karena mereka adalah penduduk asli Amerika. Hingga akhirnya suku Indian melakukan perlawanan dengan menggunakan peralatan tradisional. Karena Eropa sudah memiliki senjata yang canggih ketika itu, akhirnya pembantaian terhadap orang Indian tak bisa dihindarkan.

3. Bangsa Eropa membawa bibit penyakit mematikan


Sebelum kedatangan bangsa Eropa, Amerika adalah wilayah yang damai. Tapi setelah bangsa Eropa masuk, mereka membawa bencana besar kepada penduduk asli Amerika.

Menurut ahli sejarah, bangsa Eropa ketika itu sengaja membawa bibit penyakit mematikan seperti typus hingga leptospirosis melalui tikus untuk disebarkan kepada penduduk suku Indian. Akibatnya populasi suku Indian berkurang drastis. Di bagian wilayah Massachusetts saja, 90% penduduknya meninggal karena epidemi yang dibawa bangsa Eropa.

4. Perang yang berlangsung selama puluhan tahun


Sekitar tahun 1776-1815, bangsa Eropa terus memerangi suku Indian demi merebut wilayah mereka. Bangsa Eropa pun tak segan-segan akan membantai siapa saja penduduk asli termasuk kepala suku Indian tanpa ampun. Hingga akhirnya pelahan-lahan wilayah suku Indian berhasil direbut bangsa Eropa.
by Fajar Lesmana
Selasa, 10 Oktober 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X