Rabu, 04 Oktober 2017

7 Fakta Menarik Menara Burj Khalifa, Menara Tertinggi Di Dunia

Burj Khalifa (foto: tripadvisor.co.uk)

Menara tertinggi ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Dubai sendiri adalah salah satu dari tujuh emirat dan kota terpadat di UEA, letaknya terdapat di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab.

Menara Burj Khalifa diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010, bangunan berisi 160 lantai ini didaulatkan sebagai salah satu bangunan tertinggi di dunia buatan manusia. Menara ini menjadi sangat terkenal karena kehebatan arsitektur penyusunnya yang begitu menarik.

Bagi yang sudah ataupun belum pernah mengunjungi Burj Khalifa, kamu wajib tahu fakta-fakta menakjubkan tentang menara tertinggi di dunia itu. Bikin kamu tercengang deh!

1. Menara ini memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60km per jam.

(foto: youtube.com)

2. Total jumlah lift yang tersedia di gedung ini adalah 57 lift dan 3.000 anak tangga.

(foto: generalalarm.com)

3. Burj Khalifa memecahkan rekor sebagai bangunan dengan jumlah lantai paling banyak di dunia yaitu sebanyak 160 lantai, mengalahkan Menara Wills dan World Trade Center yang pernah memegang rekor tersebut dengan jumlah lantai sebanyak 110 lantai.

(foto:nydailynews.com)

4. Fondasi menara ini dibuat dari 12.500 beton berkualitas tinggi dengan tiang sebanyak 192 yang berdiameter masing-masing 1,5 meter yang ditanam dikedalaman 50 meter dibawah permukaan tanah.

(foto: oobject.com)

5. Gedung ini memiliki ketinggian 868 meter mengalahkan dua kali lebih tinggi dari gedung Empire State dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel.

(foto: burjkhalifa.ae)

6. Desain bangunan keseluruhan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani.

(foto: quora.com)

7. Saking tingginya ujung dari bangunan Burj Khalifa dapat terlihat dari jarak 95 kilometer.

(foto: segredosdeviagem.com.br)
by Mega Ainul
Rabu, 04 Oktober 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X